Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjadi Entrepreneur Yang Sukses Harus Memiliki Jiwa Intrepreneurship

Menjadi Entrepreneur Yang Sukses Harus Memiliki Jiwa Intrepreneurship 

Sering kali kita mendengar mengenai Entreprenerur itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun apa sih sebenarnya entrepreneur dan entrepreneurship itu sendiri? Entrepreneur adalah orang yang menjalankan sebuah usaha atu wirausaha secara mendiri. Sedangkan entrepreneurship adalah orang yang tidak mudah menyerah dan gigih dalam menjalankan entrepreur atau usaha mereka. Dalam kehidupan ini banyak sekali orang yang sudah memulai berwirausaha namun gagal dikarenakan jiwa entrepreneurship mereka kurang bahkan tidak ada sama sekali. Memang tidak semua orang pantas menjadi seorang pengusaha, karena tipe mereka yang berbeda.

Anda termasuk orang yang suka bekerja atau berwirausaha? Identifikasi terhadap diri sendiri merupakan hal yang cukup penting untuk mendukung kesuksesan anda di masa depan. Jika anda memiliki sifat yang suka dengan tantangan dan tidak suka diatur-atur bisa jadi anda lebih cocok membangun usaha sendiri. Namun jika anda adalah tipe orang yang lebih suka dengan keuangan bulanan yang aman dan displin menjalankan perintah orang lain, berarti anda memang memiliki jiwa seorang pekerja yang baik. Keduanya sebenarnya tidak ada yang salah karena tergantung daripada manajemen hidup masing-masing. Namun kali ini saya akan membahas mengenai bagaimanakah caranya menjadi seorang entreprenerur yang sukses

Tips Menjadi Entreprenur Yang Sukses

Menjadi-Entrepreneur-Yang-Sukses

1. Mempunyai motivasi dan Obsesi

Mau tidak mau jika anda ingin menjadi seorang wirausaha atau pebisnis mandiri yang sukses, anda tidak boleh sentengah-setengah dalam melangkah. Memiliki motivasi yang tinggi harus anda miliki sebagai bekal anda menjadi seorang entrepreneur. Anda bisa menetapkan sebuah goals atau tujuan yang bisa anda capai di masa depan. Anda bisa saja menjadikan keluarga anda, atau orang-orang yang anda sayang sebagai goals atau target anda mencapai kesuksesan. Anda harus mempunyai keyakinan yang kuat dalam menjadi seorang entrepeneur, karena anda akan dihadapkan pada serangkaian proses yang tidak mudah. Mulai dari memulai, proses, mengevaluasi, kegagalan kerugian dan banyak kemungkinan yang akan menimpa diri anda, jika anda cuma setengah hati dalam menjadi entrepreneur, bisa dipastikan anda akan menyerah ditengah jalan

2. Berani mengambil resiko dan mempunyai manajemen resiko yang baik

Anda pastinya akan dihadapkan dengan yang namanya resiko. Resiko rugi, barang anda tidak laku, resiko tidak mendapatkan penghasilan yang tetap dan juga kemungkinan resiko yang lainnya. Namun jika anda tidak berani mengambil resiko anda tidak pernah berani memulai menjadi entrepreneur. Terus menerus membayangkan resiko tersebut dan akhirnya tidak melakukan tindakan apa-apa. Selain berani mengambil resiko, anda juga harus bisa melakukan manjemen pada resiko tersebut, bukan berarti anda full gambling dan menjalankan usaha dengan konyol. Sebagai contoh seorang penjual es krim keliling mempunyai resiko tidak laku, namun bukan berarti anda berani mengambil resiko lalu dalam keadaan hujan deras anda nekat berjualan, itu namanya pengambilan resiko yang konyol. Anda harus cerdas dalam memanfaatkan moment memulai usaha anda agar resiko kerugian anda lebih kecil.

3. Memiliki pengetahuan di bidang usaha terkait

Sebelum anda memulai menjadi wirausahawan usahakan untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai hal-hal penting pada bidang usaha yang anda tekuni. Misalkan mulai dari bagaimana merancang, bagaimana memulai, bagaimana prosesnya, hingga bagaimana megevaluasi dan menangkal kerugian yang mungkin muncul. Jangan mengambil bidang usaha yang tidak anda kuasai karena itu sama saja membuang-buang modal, kebanyakan orang yang seperti itu adalah orang yang suka mengikuti trend saja atau ingin seperti orang lain yang sudah sukses. Anda juga bisa mengindetifikasi bakat anda terhadap bidang apa, dari anda akan cocok terhadap usaha yang akan anda jalani. Selain itu anda juga bisa mengikuti pelatihan, kursus, atau seminar-seminar guna menambah skill dan wawasan sebelum memulai menjalankan usaha.

4. Mempunyai manajemen keuangan yang bagus

Jika anda ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses, anda harus mulai dari bagaimana mengatur keuangan yang baik, anda bisa belajar bagaimana caranya untuk hemat. Tidak sedikit orang gagal dalam menjalankan usaha mereka karena pengelolaan keuangan yang buruk. Misalkan saja terlalu boros dalam perilaku hidup mereka atau ceroboh dalam mengalokasikan keuangan. Anda bisa mulai dengan menekan sekecil mungkin pengeluaran dan banyak mencari sumber pemasukan untuk usaha atau bisnis yang sedang anda jalankan.

5. Pandai mambangun relasi dan kemitraan

Selanjutnya modal penting untuk menjadi seorang wirausahawan sukses adalah pandai dalam menjalin hubungan dan relasi bisnis. Mempunyai relasi bisnis yang baik akan mempermudah dan memperluas bisnis yang anda miliki. Entah itu pemasokan bahan, pertukaran promosi bisnis bahkan dalam hal modal investasi pada usaha bisa anda dapatkan asalkan anda pandai dalam membangun relasi bisnis.

6. Memiliki dedikasi tinggi terhadap usaha yang dijalankan

Anda harus loyal terhadap usaha yang anda jalankan, menginvestasikan banyak waktu, tenaga dan fikiran adalah hal yang wajib anda lakukan dalam membangun bisnis atau usaha anda. Kesungguhan dan juga konsistensi akan menjadikan bisnis anda semakin besar dan berkembang. Dedikasi yang bagus juga akan menjadi penilaian tersendiri dari para pelanggan dan juga mitra anda mengenai profesionalisme anda.

7. Mempunyai pelayanan yang bagus

Pelayanan seringkali diremehkan oleh sebagian pemilik usaha. Jangan cuma berfikir pada persaingan harga dan produk saja. Namun anda juga harus tahu bagaimana memelihara para customer atau klien yang datang pada anda, dengan begitu anda akan mampu mempertahankan dan mengembangkan usaha anda dengan baik. Jika produk mempunyai sedikit kekurangan namun pelayanan nya bagus masih bisa dimaafkan pelanggan, namun meskipun produknya bagus namun pelayanan buruk maka pelanggan bisa jadi tidak akan membeli produk tersebut.

Dari beberapa hal yang saya sebutkan diatas mengenai tips untuk menjadi seorang entrpreneurship yang sukses, yang tepenting adalah keseriusan, konsistensi dan juga kecerdasan anda dalam mengelola sebuah usaha. Jika anda menjalankan semua aspek tadi dengan baik, InsyaAllah suatu saat anda akan mencapai kesuksesan yang anda innginkan.

Demikian artikel saya kali ini mengenai Menjadi Entrepreneur Yang Harus Memiliki Jiwa Intrepreneurship . Mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan dan juga manfaat untuk anda.
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Menjadi Entrepreneur Yang Sukses Harus Memiliki Jiwa Intrepreneurship "

Berlangganan via Email