Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum Untuk Kesuksesan Karir Dan Bisnis

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum Untuk Kesuksesan Karir Dan Bisnis

Kelancaran dalam berbicara di depan umum merupakan unsur yang mendukung kesuksesan seseorang. Baik dalam karir maupun bisnis, seseorang yang mempuyai public speaking lebih bagus akan lebih mudah dalam meraih kesuksesan. Pada dasarnya setiap orang memiliki peluang yang sama dalam hidup mereka, yang membedakan adalah kemampuan dan juga kesiapan mereka, terutama dalam keberanian berbicara di depan umum.

Berbicara di depan umum untuk sebagian orang yang sudah terbiasa memang sangat mudah, namun buat mereka yang tidak pernah, bisa menjadi momok yang menakutkan. Karena itu yang harus dilakukan sebenarnya hanya perlu memulai dan membiasakannya. Oke, kali ini saya akan membahas tuntas bagaimana caranya merubah anda yang tidak bisa berbicara di depan umum hingga menjadi ahli dan profesional.

A. Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum 

cara-meningkatkan-kemampuan-berbicara

1. Mindset dan Pemikiran

Yang paling utama adalah bagaimana caranya merubah bayang-bayang yang ada di fikiran anda. Saya sendiri sudah terbiasa semenjak SLTP untuk berbicara di depan umum, awalnya memang menakutkan, tapi hal pertama yang saya rubah adalah apa yang ada di fikiran saya waktu itu. Jangan membayangkan dan menganggap bahwa berbicara di depan umum adalah menakutkan, bayangkan saja hal-hal yang baik. 
Anda harus bisa memberikan sugesti yang positif pada diri anda, anda katakan saja pada diri anda 
" tidak apa-apa kok", 
"cuma bicara doang kok", 
" mereka akan mendengarkan kok", 
"ga ada yang menyalahkan kok",
"semuanya akan baik-baik saja"
"aku pasti bisa"
Intinya bagaimana caranya anda bisa bersahabat dengan bayangan anda sendiri dan juga bisa memberikan rasa percaya diri untuk anda sendiri. Kesimpulannya adalah berbicara di depan umum tidak semenakutkan yang anda bayangkan saat ini. Jadi saya percaya kalau sebenarnya anda bisa, mampu dan semuanya akan baik-baik saja

2. Nekat Untuk Memulai

Kalau anda ga berani nekat, anda gak akan pernah bisa, apalagi jika anda terus terbayang-bayang ketakutan tadi. Anda harus nekat, intinya lakukan saja, mulai saja, jangan terlalu banyak berfikir. Itu juga sama seperti yang saya lakukan dulu, karena menjadi ketua osis semenjak SLTP dan SLTA, intinya saya nekat saja. Dan ternyata benar, tidak semenakutkan yang dibayangkan. Setelah mengulangi kenekatan anda untuk berani berbicara di depan umum 3 kali saja, anda sudah akan mulai terbiasa.

3. Pahami Materi Yang Ingin Disampaikan

Pahami bukan berarti anda menghafal ya. Banyak yang melakukan kesalahan dalam berbicara di depan umum adalah terpaku pada teks dan hafalan materi. Itu akan sangat sulit sekali. Anda akan jauh lebih baik jika anda memahami isinya saja, lalu kemudian dalam presentasi atau pidato anda sampaikan saja dengan gaya bahasa yang anda miliki. 

Hal ini juga akan menjadikan audiens lebih mengerti apa yang anda sampaikan daripada menyampaikan hafalan anda tadi. Selain itu jika anda melakukan pidato dengan sama persis seperti teks yang anda buat, lupa sedikit saja akan hilang atau blank dalam otak anda mengenai apa yang akan anda sampaikan. Anda boleh membuat catatan kecil berupa inti-inti dari apa yang anda sampaikan, dengan begitu anda akan lebih mudah dalam berbicara depan umum.
Untuk bisa memahami materi dan bisa menyampaikan dengan baik anda bisa melakukan kiat berikut ini :
  • Sering membaca buku
  • Memperlajari materi dari internet
  • Memperluas pergaulan
  • Mengambil kursus tambahan
  • Bergaul dan berkonsultasi dengan yang sudah ahli

4. Retorika Pidato Atau Presentasi

Mengenai retorika atau gaya penyampaian anda, gunakanlah gaya yang senyaman mungkin menurut anda, namun sopan dan berada dalam batas wajar. Seiring seringnya anda berbicara di depan umum, nanti akan terlatih dengan sendirinya, mulai dari nada bahasa, gerakan tubuh, dan juga interaksi terhadap audience. 

Jika anda ingin cepat ahli, anda tidak perlu kaku dan meniru persis gaya orang lain. Coba latihlah di depan cermin atau depan teman kalian dan carilah yang menurut anda nyaman, pantas dan anda yakin kalau itu terlihat bagus. Dengan anda yakin kalau retorika yang anda gunakan bagus, anda akan lebih percaya diri.

B. Pembelajaran Tingkat Lanjutan 

Selanjutnya adalah untuk menjadi ahli dan memenangkan kompetisi, misalkan saja untuk keperluan bisnis, negosiasi misalkan, presentasi penawaran dan juga untuk karir anda. Seseorang yang aktif dan interaktif akan lebih dipandang orang lain. 
Lalu bagaimana dengan anda? 
Apakah anda sudah seperti apa sekarang ini?
Ahli, Pasif Atau Bagaimana?
Kalau anda tidak mempunyai kemampuan berbicara yang bagus anda akan ketinggalan dari yang lain.

1. Menunjang Karir Dalam Pekerjaan

Jika anda adalah seorang pekerja, anda bisa melihat contoh dalam ruang lingkup anda bekerja. Berapa banyak orang yang hanya bisik-bisik dan menggosip di belakang?
Berapa banyak orang yang suka menyampaikan pendapat? Entah dalam diskusi atau aktifitas pekerjaan sehari-hari.
Kira-kira karirnya lebih maju yang mana diantara kedua kelompok orang tersebut? 
Anda harus bisa interaktif dan pandai bicara depan umum kalau karir anda ingin meningkat. Memberikan sumbang saran pada saat rapat, bertanya yang anda belum paham, dan juga berani presentasi program atau ide yang anda miliki.
Jika anda mau melatihnya dengan baik, secara otomatis jiwa kepemimpinan anda akan segera tumbuh dan berkembang, anda bisa jadi berpeluang untuk menjadi SPV, manager atau bahkan CEO. Namun jika anda tidak mau belajar dan terus berdiam diri, bekerja ya cuma bekerja saja, maka karir anda akan begitu-begitu saja

Di dalam anda berbicara, presentasi, usul dan sejenisnya. Anda juga harus memperhatikan kualitas dari apa yang anda sampaikan, jangan sampai anda dianggap cuma mencari muka. Dalam hal ini anda perlu menguasai bidang di tempat anda bekerja dan berpengetahuan luas. Jadi hasilnya akan seimbang, anda bisa menjadi pembicara yang bagus dan juga mampu bekerja dengan baik.

2. Menunjang Kesuksesan Bisnis Atau Usaha

Berapa banyak karyawan yang lebih ahli daripada bosnya? Pasti banyak sekali. Apa yang membedakan keduanya? Salah satu yang paling penting adalah dalam public speaking mereka. Banyak orang yang sukses karena pandai bernegosiasi, memaparkan prospek bisnis dan mengambil hati para caon klien.

Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, latihlah kemampuan berbicara anda. Bagaimana caranya agar anda menarik setiap berbicara, bagaimana anda bisa menyenangkan dan bagaimana anda bisa meyakinkan orang lain dengan pembicaraan yang anda keluarkan. Memang banyak yang harus anda latih, mulai dari keberanian, pengetahuan, realitas, sampai dengan pemahaman psikologi lawan bicara anda.

Kenapa harus sampai pada pemahaman psikologi? 
ini penting karena dengan anda memahami lawan bicara anda, anda bisa mengikat emosi dan ketertarikan mereka pada apa yang sudah anda sampaikan. Seorang penjual yang baik adalah orang yang mampu membuat calon pembeli menyukai produk anda, bukan hanya mampu mendeskripsikannya saja.

Mengenai materi sukses bernegosiasi atau sukses presentasi saya bahas pada artikel selanjutnya. Intinya anda harus berani memulai, belajar menguasai, dan terus anda lakukan dan anda latih. InsyaAllah anda akan menjadi pembicara yang bagus dan mendukung untuk kesuksesan anda.

Demikian materi mengenai Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum (Pidato/Presentasi) Untuk Kesuksesan Karir Dan Bisnis. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum Untuk Kesuksesan Karir Dan Bisnis"