Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembuatan Judul Artikel Blog Yang Tepat Dalam Optimasi SEO

Idntifia.com - Pembuatan Judul Artikel Blog Yang Tepat Dalam Optimasi SEO. Kata kunci sebagai target utama dalam pencarian search engine

Pembuatan Judul Artikel Blog Yang Tepat Dalam Optimasi SEO


Dalam pembuatan sebuah judul artikel yang kita buat akan menentukan artikel kita mudah temukan banyak orang atau tidak. Apakah artikel kita akan maksimal dalam SEO atau tidak. Ketika sobat membuat sebuah artikel pasti tujuannya adalah untuk dibaca banyak orang, maka dari itu kita harus menyesuaikan kata yang digunakan oleh banyak orang.

Kata kunci yang sering digunakan dalam perncarian google volume nya beragam. Ada yang paling sering digunakan dan juga ada sedikit orang dalam menggunakan kata tersebut.

Sebenarnya ilmu SEO dengan meriset kata kunci ini juga harus dipadukan dengan kaulitas isi artikel itu sendiri, karena untuk alogaritme google sekarang sudah tidak hanya membidik kata kuci. Alogaritme google lebih menyesuaikan pada makna yang sesungguhnya. Jadi misalkan sobat blogger membidik satu buah kata kunci target namun tidak dibarengi dengan artikel yang berkualitas maka akan sama saja.

Cara Menentukan Judul Dengan Kata Kunci Tertentu

Sebelumnya sobat tentukan terlebih dahulu topik yang akan kalian bahas pada artikel kalian kemudian kalian tentukan kata kunci yang ada pada judul dan juga diartikel kalian. Misalkan kalian akan membuat tema mengenai "adsense youtube", nah kemudian setelah itu kalian mencari susunan kata itu yang biasa digunakan orang-orang dalam mencari materi mengenai "adsense youtube", cotoh nya adalah "cara mendaftarkan youtube pada google adsense" "cara agar youtube diterima google adsense" atau susunan pembuatan judul yang lain menggunakan kata kunci tersebut.

Darimana Mendapatkan Kata Kunci Yang Biasa digunakan Oleh Orang-Orang?

Selanjutnya untuk mendapatkan data mengenai kata kunci yang digunakan oleh orang-orang pada saat melakukan pencarian. Pertama kalian ketikkan saja pada goole search maka akan muncul sugestions diawahnya biasanya, perhatikan gambar dibawah ini :




Gambar diatas adalah sugesti langsung yang diberikan oleh google dan data itu adalah yang sering diketikkan oleh orang-orang. Dengan melihat sugesti atau refrensi tersebut kalian bisa menggunakannya untuk judul artikel kalian.

Cara selanjutnya adalah dengan kalian melihat related search pada google seperti pada gambar dibawah ini :




Gambar diatas juga bisa menjadi refrensi untuk membuat judul artikel kalian. Kemudian kalian juga bisa menggunakan situs-situs yang menyediakan riset mengenai kata kunci dan data pencarian. Kalian bisa menggunakan antara lain :
  • Google Trend
  • Ubbersugest
  • KWfinder
  • Most
  • Semrush
  • Answer The Public
  • Soovle
  • Keyword Sittes
Didalam situs-situs yang saya sebutkan diatas kalian bisa menetukan judul berdasarkan data volume pecarian. Kalian tinggal ketikkan topiknya saja kemudian akan diberikan data berupa kata kunci yang sering digunakan dan juga saran judul dan kata kunci.

Cara Memilih Volume Kata Kunci Yang Tepat

Untuk menentukan yang mana yang paling tepat dari semua saran pembuatan judul dan kata kunci adalah dengan melihat volume pancariannya. Jika blog kalian masih baru, usahakan menggunakan kata kunci dengan pencarian yang sedang dan jangan menggunakan kata yang paling umum atau volume paling banyak. Karena volume paling banyak akan menampilkan hasil terbanyak dan akan bersaing dengan situs-situs besar atau yang sudah lama.

Seberapa Sering Kata Kunci Disebutkan Dalam Sebuah Artikel?

Setelah kalian sudah siapkan judul yang tepat untuk pembuatan artikel kalian, yang harus dilakukan selanjutnya adalah optimasi. Melakukan penegasan mengenai apa yang terkandung pada artikel kalian terhadap mesin pencari. Hal ini bisa kalian lakukan minimal 1 kali jika artikel kalian berjumlah 350 kata, berlaku juga untuk kelipatannya. Misalnya kalian membuat artikel panjangnya seribu kata, kalian bisa menyebutkan kembali judul atau kata kunci dalam artikel hingga 3 atau 4 kali. Hal ini bertujuan untuk tidak menghilangkan makna atau tema diartikel yang sesuai judul.

Jika kalian membuat artikel panjang dan didalamnya tidak kalian sebutkan lagi kata kunci dalam judul kalian, bisa jadi search konsole salah paham terhadap artikel kalian atau akan lebih sulit ditemukan intinya.

Sebernarnya ini hanya perkara cepat atau tidaknya artikel kalian ditemukan oleh visitor, asalkan kalian terus posting dengan nice blog yang sama, lama kelamaan artikel kalian akan naik sendiri. 

Namun agar lebih cepat disarankan menggunakan kata kunci yang standart dan persaingannya tidak terlalu banyak. Beda jika situs yang kalian buat sudah besar dan juga traffic tinggi mau membuat modal judul sendiri juga otomatis akan tampil diatas. 

Hal ini yang dinamakan dukungan rating. Jadi google sudah sering mengenal blog kalian dan juga sering menemukan artikel kalian, jadi wajar kalau artikel kalian akan cepat diindeks dan ditampilkan pada halaman pertama.

Demikian mengenai materi Pembuatan Judul Artikel Blog Yang Tepat Dalam Optimasi SEO. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat dan juga tambahan refrensi untuk anda.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Pembuatan Judul Artikel Blog Yang Tepat Dalam Optimasi SEO"

Berlangganan via Email