Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara dan Contoh Pembuatan Surat Kuasa Dalam MS. Word

Idntifia.com - Cara Beserta Contoh Pembuatan Surat Kuasa. Contoh surat kuasa dan bagaimana cara membuatnya? Surat kuasa adalah surat penyerahan wewenang dari seseorang kepada yang mewikilinya. Bisa saja dalam urusan bisnis, jual-beli, utang piutang, persidangan dan masih banyak lagi.

Biasanya surat itu dibuat karena yang berwenang tidak bisa hadir, kurang mempunyai kompetensi pada persoalan yang dihadapi, atau karena alasan lain nya yang menyebabkan harus memberikan atau mewakilkan wewenangnya pada orang lain. Untuk rinciannya  surat kuasa biasa digunakan untuk keperluan sebagai berikut ini :
  • Surat kuasa pengambilan dokumen
  • Surat kuasa pengambilan uang di bank
  • Surat Kuasa Pengambilan Gaji
  • Surat Kuasa Pengambilan Pasport
  • Surat Kuasa Perusahaan
  • Surat Kuasa Dinas
  • Surat Kuasa Tanah
  • Surat Kuasa Ambil BPKP
  • Dan surat-surat lainnya yang menjelaskan pemberian wewenang atau kuasa pada perwakilan

Cara Membuat Surat Kuasa Beserta Contohnya 


Cara Pembuatan Dan Contoh Surat Kuasa
Foto oleh Oleg Magni dari Pexels


Cara Membuat Surat Kuasa

Sebelum membuat sebuah surat kuasa, anda perlu memperhatikan siapa yang akan anda percayakan dalam hal ini. Karena jika sampai salah orang wewenang tersebut di salahgunakan. Usahakan untuk memilih orang yang benar-benar bisa dipercaya dan jika memakai jasa perofesional pastikan untuk kredibilitasnya tinggi.

Dalam pembuatan surat kuasa ada beberapa unsur atau kandungan yang harus diperhatikan. Didalamnya harus tertera dengan jelas beberapa hal berikut ini :


1. Yang memberikan kuasa (biasa disebut dengan Pihak 1)

Yang pertama didalam surat tersebut harus dijelaskan mengenai siapa yang memberikan kuasa, dan dipastikan juga keterangan bahwa yang memberi kuasa tersebut memberikan wewenangnya tanpa paksaan apapun.

Didalam surat kuasa pihak pemberi kuasa harus mencantumkan setidaknya nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap sesuai KTP dan Nomer KTP

2. Yang menerima kuasa (biasa disebut pihak 2)

Yang kedua adalah mengenai yang menerima kuasa, sama dengan pihak pertama menerangkan jelas identitas si penerima kuasa, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap si penerima kuasa beserta nomer KTP


3. Alasan seseorang memberikan surat kuasa

Berikan keterangan yang menyebabkan pemberi kuasa memberikan wewenangnya pada orang lain, padahal itu adalah hal yang penting.

4. Maksud dan tujuan atau keperluan

Dalam rangka apa surat kuasa itu dibuat juga harus dicantumkan, karena ini merupakan inti dari surat tersebut.

5. Batasan Wewenang Meliputi apa saja

Jelaskan juga dalam surat tersebut mengenai wewenang apa saja yang dimiliki oleh si pemilik surat kuasa ini. Sehingga ada batasan dalam pengunaan surat tersebut.


6. Waktu dan tanggal berlakunya surat tersebut

Jelaskan juga mengenai waktu dan tanggal berlakunya surat tersebut, agar tidak adanya penyalahgunaan setelah acara atau keperluan selesai dan juga untuk memperjlas kapan saja wewenang itu bisa dipakai


7. Tanda tangan dan nama terang diatas materai

Selanjutnya bisa menuliskan tanda tangan dari masing-masing pihak yang terlibat. Baik dari pihak pertama maupun pihak kedua, kemudian dari pihak saksi jika memang diperlukan saksi dalam keperluan tersebut. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan materai sebagai kekuatan hukum. 



Contoh Format Pembuatan Surat Kuasa



Contoh Pembuatan Surat Kuasa


Diatas Adalah Contoh salah satu bentuk surat kuasa dan anda juga dowload dalam betuk ms word (Download Contoh Surat Kuasa)

Untuk bentuk surat kuasa yang lain garis besarnya hampir sama. Bentuknya juga begitu. Yang perlu diganti adalah data diri, keperluan keterangan dan nama-namanya saja. Demikian mengenai contoh pembuatan surat kuasa kali ini. Terima kasih dan semoga bisa memberikan manfaat untuk anda
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Cara dan Contoh Pembuatan Surat Kuasa Dalam MS. Word"

Berlangganan via Email