Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Dari Memiliki Berat Badan Yang Berlebihan Atau Obesitas

Idntifia.com - Efek Samping Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas. Memiliki berat badan yang ideal adalah keinginan dan juga kesempurnaan bagi setiap orang. Namun tidak sedikit juga yang mempunyai masalah dalam ukuran berat bada mereka. Sebenarnya berat badan yang ideal itu berapa?

Begini hitungan berat badan yang saya ketahui dari halodoc. Dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

  • Untuk Laki-laki/Pria  : Berat badan ideal = [tinggi badan - 100] - [(tinggi badan – 100) x 10 %]
  • Untuk Wanita : Berat badan ideal  = [tinggi badan - 100] - [(tinggi badan -  100) x 15%]

Biar lebih mudah akan saya berikan contoh berikut :

  • Misalnya seorang pria memiliki tinggi badan 169 cm, maka berat badan idealnya adalah (169-100)-[(169-100)x10%], 69-6.9= 62.1 . Jadi, berat badan ideal adalah 62.1 kg.
  • Misalkan seorang perempuan memiliki tinggi badan 158, maka berat badan idealnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi, kesimpulannya jika memliki tinggi 158cm berat idealnya adalah 49,3 kilogram.

Bahaya Atau Efek Samping Yang Disebabkan Karena Obesitas


Memacu Terjadinya Banyak Penyakit

Jika seseorang memiliki berat badan yang berlebihan, dia cenderang mengundang berbagai macam penyakit. Hal itu dikarenakan kandungan dalam tubuh yang tidak seimbang, mulai dari kurangnya vitamin, hingga banyaknya bakteri jahat dalam tubuh.
Penyakit yang ditimbulkan karena obesitas bisa jadi antara lain adalah : 
  • Sesak Nafas Atau Asma
  • Gagal Jantung
  • Koleterol
  • Jantung
  • Struk
  • Diabetes
  • Kanker
  • Batu Empedu
  • Encok
  • Masalah Persendian
  • Tekanan Darah Tinggi
Penyakit yang ditimbulkan dari obesitas bisa jadi adalah penyakit sedang hingga mengundang penyakit yang mematikan. Hal itu karena fungsi tubuh yang tidak maksimal karena struktur kandungan dalam tubuh yang tidak seimbang.

Lebih baik anda cukup berhati-hati dengan berat badan anda jika sudah berlebihan. Usahakan bagaimana caranya melakukan upaya diet. Diet memang bukanlah hal yang mudah, namun akan lebih sulit lagi jika mengobati penyakit.

Susah Gerak / Aktifitas Terganggu

Efek samping selanjutnya jika anda memiliki obesitas akan mengganggu kehidupan anda. Mulai dari aktifitas anda sehari-hari hingga karir anda yang mungkin saja gagal karena obesitas.
Orang yang memiliki obesitas akan lebih sedikit dan susah gerak karena struktur tubuhnya yang tidak seimbang, mulai dari tangan, kaki, perut atau anggota tubuh lainnya yang terlalu besar.

Dalam hal obesitas berat memang harus dilatih sedikit demi sedikit mulai dari olahraga ringan sejak dini. Jika tidak dilatih dan kondisinya semakin berlebihan maka akan semakin memperparah kemungkinan buruk lainnya. 

Tidak Tampil Percaya Diri

Kebanyakan orang yang obesitas cenderung tidak percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dikarenakan penampilannya yang tidak sewajarnya orang lain.
Dengan berat badan yang berlebihan pula, ketampanan dan kecantikan anda tidak maksimal bukan?
Tidak bisa memakai pakai sesuai trend dengan mudah bukan?
Lebih sulit mendapatkan pasangan bukan?
Ini fakta yang memang harus anda lihat jika anda memiliki obesitas, jadi jika anda ingin hidup dengan lebih baik, usahakan untuk memperbaiki berat badan anda lebih ideal lagi.

Biaya Hidup Cenderung Lebih Mahal

Ini fakta selanjutnya dari efek seseorang yang memiliki obesitas. Bisa anda perhatikan, untuk memilih baju juga akan lebih sulit, bahkan jika obesitas parah harus memesan sendiri pembuatan baju. Contoh kecil saja, produk baju dengan ukuran L dan ukuran XXL pasti jauh lebih mahal XXL atau ukuran jumbo.
Selain itu juga banyak efek pembengkakan biaya lainnya seperti membayar transportasi, porsi makan, pembelian accesoris dan juga biaya peralatan hidup lainnya.

Susah Karir

Jika anda mungkin sudah menjadi seorang bos mungkin hal ini tidak pengaruh ya dengan karir anda. Namun jika anda adalah seorang yang baru mulai mencari kerja atau sedang berjuang, obesitas ini akan menjadi kendala.
Coba anda lihat, misalkan saja seorang cewek yang obesitas, apa iya akan mudah diterima menjadi staff model atau SPG atau teller bank dan sejenisnya? Tentu saja tidak. Mungkin saja masih ada pekerjaan yang menerima seseorang yang obesitas, namun jumlahnya terbatas.

Ini bisa menjadi motivasi anda dalam melakukan diet agar lebih maksimal, yaitu untuk meningkatkan kesuksesan hidup anda. 

Efek samping yang lainnya bisa jadi dalam kondisi tertentu akan terkena diskriminatif, misalkan saja berada pada sebuah tempat wisata, untuk naik ke arena bermain, naik flying fox, jumping dan sejenisnya pasti akan ditemukan "batas berat" yang artinya orang yang memiliki obesitas tidak diperkenankan. Bukankah cukup menyedihkan.

Cara Mengatasi Obesitas 

Kondisi tubuh anda dipengaruhi aktifitas yang anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu anda bisa melakukan beberapa kiat berikut untuk mencegah atau menurunkan obesitas anda. Antara lain sebagai berikut :
  • Rajin berolah raga minimal 2 kali seminggu
  • Konsumsi Makanan Sehat
  • Memiliki Pola Tidur Yang Cukup
  • Memperbanyak gerak dan aktifitas sehari-hari
  • Memotivasi diri
  • Bergaul dengan lawan jenis
  • Mengurangi bermalas-malasan
  • Dalam kondisi lanjut bisa berkonsultasi pada dokter atau binaragawan
Saya membuat artikel ini bukan untuk mendiskriminasi atau untuk menjelekkan orang yang memiliki obesitas. Melainkan saya lebih kasian dan untuk memotivasi anda menjadi lebih baik lagi.

Demikian materi kali ini mengenai efek samping dari obesitas. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda dan terima kasih.
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Bahaya Dari Memiliki Berat Badan Yang Berlebihan Atau Obesitas"