Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Toko Online Gratis Milik Sendiri Untuk Selamanya

Idntifia.com - Cara Membuat Toko Online Gratis Milik Sendiri dan Untuk Selamanya   Jika anda ingin membuat sebuah toko online tanpa modal atau gratis sudah tahukah cara nya, sebenarnya banyak jalan yang bisa anda tempuh. Toko online di zaman sekarang ini memang sangat populer, dimana semua orang mulai terbiasa belanja online tinggal klik dan barang sampai dirumah. Akibatnya selain itu juga banyak pebisnis offline yang mulai belajar bagaimana mengiklankan produk dan jasanya via online

Cara Membuat Toko Online Gratis Milik Sendiri dan Untuk Selamanya

cara membuat toko online gratis milik sendiri
Image by Manuel Alejandro Leon from Pixabay 

Cara membuat toko online gratis, mungkin anda salah satu orang yang ingin membuat toko online? Tapi pengen yang tanpa modal? Kali ini saya bakalan menjelaskan secara lengkap untuk panduannya, yang penting adalah anda mau belajar, mau mencoba, mau berjuang dan yang terakhir adalah mau konsisten menjalankannya. IsyaAllah yang namanya modal tidak akan menjadi kendala bagi anda asalkan ada niat dan konsistensi yang kuat.

Langkah-langkah membuat toko online milik anda sendiri.

1. Tentukan jenis produk dan jenis toko online

Yang namanya toko online banyak sekali macamnya dilihat dari apa yang dijual dan bagaimana pelayanannya. Jika anda mau memiliki toko online sendiri, anda harus jelas apa yang mau anda jual. Dari sini ada bisa riset atau juga bisa menjual produk-produk yang anda suka. 

Lalu darimana barangnya kalau gak ada modal?

Tenang dulu... nanti saya jelaskan.
Mengenai produk dulu, anda pastikan mau fokus pada produk apa, atau anda mau banyak jenis produk. Yang jelas kalau anda masih pemula, saya sarankan untuk tidak mengambil terlalu banyak produk karena susah managementnya, misalkan baju ya baju semua, atau sepatu ya sepatu semua.

Dengan anda mengambil jenis produk khusus anda bisa membuat atau menciptakan brand image toko online anda. Dan untuk mengejar persaingan pun juga lebih mudah ditargetkan.

2. Menghubungi Pedagang Besar di Ecommerce

Kenapa harus menghubungi pedagang besar?
Kenapa harus di ecommerce?
Pedagang besar di ecomerce seperti bukalapak, shope, tokopedia dan yang lainnya adalah titik harga paling murah. Lagi pula anda bakalan bersaing harga online juga dengan pedagang lain ecommerce.

Guna menghubungi pedagang besar adalah untuk menjalin kerjasama. Carilah pedagang yang memiliki produk yang anda jual. Yang gak kalah penting, anda jangan mengambil lewat reseller, pastikan kalau yg anda hubungi adalah pedagang besar atau langsung pusatnya.

Hal-hal yang perlu anda jalankan atau anda dapatkan dari pedagang besar tersebut antara lain :
Persetujuan kerja sama
Kejelasan sistem kerjasama
List produk/barang
List harga khusus reseller/dropshiper
Bahas juga mengenai sistem pengiriman dan pembayaran
Banyak pedagang besar yang membuka peluang untuk reseller, anda gak perlu kuatir gak dapat chanel, mereka justru senang jika ada yang bergabung.

3. Membuat Blog atau website

Langkah selanjutnya adalah anda bisa menbuat sebuah blog atau website. Karena tadi bicara soal gak ada modal, anda bisa membuat blog saja. Membuat blog gratis dan cukup kalau cuma untuk display dan pelayanan online shop. 

Jika anda belum bisa membuat blog, di blog saya ini banyak saya bahas mengenai ilmu blog untuk pemula. Jika ada yang ditanyakan anda tinggal komen saja. Buat blog tidak susah kalau untuk toko online, anda tinggal upload gambar, deskripsi, keunggulan produk, harga, sistem pengiriman dan sejenisnya.

4. Menggunakan Template Blog Toko Online

Langkah selanjutnya adalah anda silahkan gunakan template toko online. Gak mungkin juga ada menggunakan template blog bawaan atau template seperti yang saya pakai ini, karena selain kurang, kurang maksimal untuk melakukan diaplay barang.

Untuk mendapatkan template toko online anda bisa mendownload secara gratis, atau juga anda bisa beli. Kalau beli paling sekitar 200.000, plus nanti anda dipandu sama penjual template kalau anda beli. Beli template online shop yang bagus ada di masugeng.id lihat aja demonya dan lihat panduan belinya. Jika anda mau download secara gratis anda bisa lihat disini template toko online premium gratis
Jika anda mau mengganti template sendiri, anda bisa lihat panduannya disini.

5. Beli domain .com / id /co.id

Selanjutnya anda bisa beli domain khusus. Kali ini memang mau gak mau harus modal, lagian juga tidaj mahal kok, paling 150 ribuan selama setahun langganan domain.

Kenapa harus ganti domain?
Dengan domain khusus anda lebih dipercaya orang. Dengan domain khusus anda lebih mudah dalam memasarkan toko oline anda. Contoh misalkan saja anda membuat domain menggunakan nama anda misalkan saja tokoagung .com atau pusatbaju .com, tokosulastri .com jadi anda lebih terpercaya.

Domain yang bagus untuk toko online bisa menggunakan .com, .id, .co.id, .online, .me. Nah selanjutnya anda tentukan saja nama domain yang anda inginkan sesuai dengan bisnis yang anda jalankan ini. Pesan lah nama domain yang gampang diingat orang dan menjadi ciri khusus toko online anda.

Jika anda belum bisa cara ganti domain anda bisa simak pada artikel ini : cara mengganti domain .blogspot menjadi .com

6.  Branding Blog 

Langkah selanjutnya adalah anda pelu melakukan branding pada blog anda, buatlah logo atau ciri khusus. Hal ini untuk menpercantik blog sekaligus menjadikan blog anda lebih terpercaya.

Buatlah susunan display produk atau barang agar mudah dimengerti pengunjung. Misalkan saja anda mengelompokkan barang murah dengan barang mahal, atau jika anda jual beberapa jenis barang berarti anda perlu membuat navigasi yang jelas pada jenis-jenis barang anda.

7. Mulai mengupload produk

Selanjutnya jika bog toko online anda sudah siap, anda bisa mulai mengupload atau mendisplay baranf-barang anda. Silahkan upload dengan gambar serta keterangan yang jelas. Agar setiap pengunjung yang datang bisa langsung paham dan tertarik dengan display dan deskripsi yang anda berikan.

8. Perjelas profil dan alamat

Untuk meningkatkan kepercayaan pengujung pada toko online anda. Gunakan profil anda yang asli dan juga cantumkan alamat yang jelas pada menu "about" atau tentang kami. Lebih bagus lagi jika anda melampirkan peta google maps di blog anda biar lebih terpercaya lagi.

Selain itu anda buat juga profil di bukalapak, tokopedia, shopee dan anda taruh linknya di blog, selain bisa meningkatkan kepercayaan, juga nanti bisa anda gunakan untuk sistem pembayaran. Akan saya bahas pada point selanjutnya.

9. Penentuan sistem pengiriman yang jelas

Nah ini harus anda sinkronkan, antara kerjasama dengan pedagang tadi dan bagaimana cara anda meneruskan pada konsumen. Biasanya kalau pedagang yang melayani dropshiper dia sudah paham, jadi barang akan langsung dikirim ke pelanggan biar tidak lama.

Anda bisa menampilkan logo-logo pengiriman barang yang anda gunakan seperti jne, tiki, pos, sicepat dan juga yang lainnya kalau masih ada.

10. Sistem pembayaran

Nah ini point yang cukup penting. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada awal-awal anda membangun toko online, anda bisa melayani pembayaran melalui link buklapak, tokopedia atau yang lainnya. Biasanya pembeli akan menanyakan hal itu
Bisa bayar lewat bukalapak gak?
Bayar lewat toped bisa gak?
Jadi anda harus siap-siap sebelumnya.

Selain anda buka pembayaran melalui ecommerce, jangan lupa untuk menampilkan rekening anda bagi yang bersedia membayar langsung kepada anda. Dengan begitu anda bisa mengumpulkan testimoni dan kemudian anda bisa menuju mandiri selanjutnya.

11. Buat sample produk di eccomerce

Upload juga beberapa produk anda di bukalapak, toped, shope dan juga yang lainnya. Usahakan upload produk andalan anda yang paling murah, kalau perlu jangan ambil untuk bagi barang-barang yang anda display di eccomerce. 
Gunanya untuk apa?
Yang jelas untuk menarik pelanggan lebih cepat.

Lalu pada display anda di eccomere besar tadi, anda jangan lupa memberikan deskripsi untuk produk yang lain bisa mengunjungi toko online anda sendiri.

Double manfaat. Yang pertama untuk meningkatkan kepercayaan, yang kedua untuk cadangan sistem pembayaran.

12. Perbanyak promosi

Jika toko online anda sudah siap, displaynya lengkap dan sistemnya semua sudah jelas, anda tinggal promosi. Dalam promosi inilah perjuangan anda yang sebenarnya. Bagaimana caranya anda mengenalkan nama toko online anda pada banyak orang. Semua temab2 anda, keluarga dan orang2 yang anda temui harus anda beritahu. Terserah mereka mau beli apa nggak yang penting mereka tahu.

Promosi banyak jalannya, mau yang gratis apa yang berbayar. Gratis ya anda promosi manual kepada orang2, baik itu offline atau online lewat media sosial. Kalau mau berbayar ya harus modal, banyak jasa pengiklan online yang bisa anda gunakan.

13. Pesiapan menjadi toko online mandiri.

Seiring berjalannya waktu, anda bisa mengumpulkan modal dan keuntungan untuk anda bisa jualan produk anda sendiri ke depannya. Masak iya anda mau jualin produk orang terus menerus.

Menjual produk orang lain adalah baru loncatan sampai anda mampu menjual produk anda sendiri, pengiriman sendiri, syukur2 jika usaha anda bisa besar anda bisa punya usaha atau perusahaan dari bidang yang anda rintis saat ini.

Bagaimana panduannya? Sudah cukup jelas bukan. Sebenarnya banyak orang tahu, tapi malas, gara-gara gak punya modal terus jadiin alasan utama. Kebanyakan orang yang ngeluh gak punya modal, ketika ada modalpun belum tentu bisa menghasilkan. Kan udah jelas malas, kalau gak punya modal tapi mau mikit, mau gerak, mau belajar, mau bertundak, suatu saat anda punya modal, ilmu anda udah matang.

Demikian adalah panduan cara membuat toko online gratis  tanpa modal yang bisa anda terapkan untuk toko online anda. Mudah-mudahan saja anda sukses selalu. Dan mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat. Amin

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Cara Membuat Toko Online Gratis Milik Sendiri Untuk Selamanya"