Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hikmah Dari Pandemi Covid-19 Pada Pola Perilaku Dan Ekonomi Masyarakat. Akankah Banyak Berubah ?

Idntifia.com - Hikmah Covid-19 Terhadap Perilaku dan Ekonomi Masyarakat. Pandemi Covid-19 atau Virus corona yang dimulai pada bulan januari 2020 dan masih berlangsung hingga saat ini membawa banyak sekali perubahan. Kebanyakan dari perubahan itu adalah sesuatu yang negatis seperti ekonomi menurun, proses pendidikan terganggu banyak event yang gagal dan juga beberapa aspek lainnya.

Namun saat ini saya ingin melihat dari sisi positifnya juga. Setiap kejadian seharusnya kita mampu untuk mengambil hikmahnya agar kita bisa terus menerus mengembangkan diri. Lalu apa saja hikmah yang bisa kita ambil dari kejadian pandemi virus corona ini ?

Hikmah Dari Pandemi Covid-19 Pada Pola Perilaku Dan Ekonomi Masyarakat.

hikmah-dari-pandemi-covid-19
   Gambar : covid-19.kemkes.co.id

Peningkatan Perilaku Hidup Sehat 

Ini jelas saya lihat pada masa pandemi ini, meskipun sudah menuju masa new normal dari pandemi Covid-19, masyarakat lebih banyak yang menggunakan masker dijalan-jalan. Pandemi Covid-19 ini sudah mengajari kita untuk bagaimana bersosialisasi dengan aman di keramaian.

Meskipun pada dasarnya penggunaan masker ini penting sekali untuk mencegah polusi udara dijalanan, namun saya kira peningkatannya tidak akan se derastis ini tanpa adanya Covid-19.

Selain itu masyarakat juga lebih paham tentang pentingnya mencuci tangan untuk kesehatan. Setiap sebelum makan, sehabis makan, sebelum menyentuh barang-barang, setelah menyentuh barang-barang atau aktifitas apapun lainnya. Ini merupakan sebuah hikmah juga akibat pembelajaran selama masa pandemi ini.

Selain itu dalam pengolahan dan juga distribusi makanan dalam kehidupan sehari-hari, bukankah sudah banyak sekali mengalami perubahan. Ini juga hikmah dalam aspek kesehatan akibat masa pandemi ini.

Hikmah selanjutnya yang ditimbulkan oleh masa pandemi ini adalah masyarakat lebih paham pentingnya imunitas tubuh dalam menghadapi penyakit. Berapa banyak orang dalam berita yang mulai mengajarkan pentingnya imunitas tubuh. Dan juga banyak perubahan pada masyarakat tentang minat olahraga yang meningkat.

Peningkatan Dalam Hal Teknologi

Akibat covid-19 yang mengharuskan masyarakat mengurangi aktifitas diluar menjadikan masyarakat lebih melek akan internet. Ini fakta bahwa banyak yang mulai belajar sistem bisnis online dan sejenis.

Fakta selanjutnya juga banyak yang memikirkan bagaimana caranya usaha masing-masing bisa tetap bertahan dan survive dengan teknologi internet.

Selanjutnya mengenai teknologi ini, masyarakat juga lebih banyak yang belajar mengenai perangkat gagdet dan komputer/laptop. Ini juga saya temukan pada salah satu pengelola wirausahawan warung makan yang saya kenal, tadinya dia total penjualan manual pada pelanggan yang datang ke warung, namun sekarang mulai belajar bagaimana bisa menggunakan aplikasi agar bisa jalan via online.

Memang sebenarnya masyarakat harus mengikuti perkembangan ini dari waktu ke waktu, cuman yang membedakan saat ini adalah masyarakat dipaksa untuk lebih cepat lagi menyesuaikan diri dengan teknologi.

Banyak Mencoba Ide Usaha Baru 

Hikmah selanjutnya dari pandemi Covid-19 ini adalah munculnya banyak masyarakat yang mencoba ide usaha baru.Tentunya ini bekaitan juga dengan point kedua tadi yakni peningkatan dalam pemahaman  teknologi.

Ide bisnis yang muncul pada masa pandemi ini sebenarnya sudah ada dari kemarin-kemarin namun belum begitu banyak yang melirik sebelum masa pandemi. 

Semua ide usaha yang dicoba masyarakat akibat dari pandemi covid-19 ini adalah bisnis yang melalui media online, contohnya seperti order makanan online, jadi penulis online, mengadakan privat online, penjualan online, dan banyak juga yang sebelumnya tidak berminat jadi youtuber, blogger akhirnya mereka pun mencobanya.

Bagaimana dengan kondisi setelah pandemi?

Saya yakin akan banyak hal yang berubah setelah masa pandemi ini berakhir, mulai dari yang negatif misalkan tingkat sosialisasi yang menurun. Namun disisi lain juga akan ada dampak positifnya karena sudah dilatih bagaimana caranya hidup lebih sehat dan juga bagaimana caraya survive dalam kondisi sosial yang dibatasi.

Namun ada sisi lain yang cukup memprihatinkan. Setelah masa pandemi ini akan ada persaingan yang tinggi dalam mencari pekerjaan, hal itu dikarenakan selama pandemi ini sudah banyak sekali perusahaan yang mengeluarkan sebagian karyawan mereka. 

Tapi mau bagaimana lagi, yang namanya bencana tidak ada yang tahu gimana kejadiannya. Yang harus kita lakukan hanyalah terus berproses dan terus berusaha meningkatkan diri serta terus belajar dan pandai mengambil hikmah dari sebuah kejadian.

Demikian mengenai Hikmah Dari Pandemi Covid-19 Pada Pola Perilaku Dan Ekonomi Masyarakat. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda.
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Hikmah Dari Pandemi Covid-19 Pada Pola Perilaku Dan Ekonomi Masyarakat. Akankah Banyak Berubah ?"