Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Kerusakan Otak Yang Jarang Disadari

Idntifia.com - Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Kerusakan Otak. Pernah gak sih kalian mengalami kalau kemampuan berfikir atau ingatan kalian yang makin menurun. Padahal dulu mungkin cerdas dan kalau berfikir bisa cepat nyambung namun ada kalanya loadingnya sangat lambat?

Hal itu dikarenakan fungsi kinerja otak yang sedang menurun. Nah dalam hal ini tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu bisa terjadi. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kebiasaan buruk apa saja yang bisa menyebabkan fungsi otak seseorang menurun. Selain dari penambahan usia seseorang ada beberapa hal lain yang menyebabkannya, karena mengenai soal penambahan usia lanjut itu sudah pasti, karena banyak sel-sel dalam otak yang menua.

Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Kerusakan Otak 

kebiasaan-buruk-yang-merusak-otak

Berlebihan Dalam Berfantasi

Berfantasi dalam hal ini adalah banyak menghayal dan berlebihan sampai lupa diri, ini akan menyebabkan fungsi otak yang sebenarnya akan blank. Karena ketajaman otak terhadap realita dan juga rangsangan nyata akan berkurang.

Hal ini seringkali terjadi pada orang-orang yang sering menyendiri namun berkhayal yang tidak baik, misalkan saja kesenangan-kesenangan yang tidak realistis. Atau bisa juga terjadi pada orang-orang yang sering fantasi sex dengan menonton film porno, itu biasanya otak mereka lebih tumpul, cenderung pelupa. 

Selain menyebabkan fungsi otak yang tidak baik, sering berfantasi juga akan merugikan anda dalam penggunaan waktu. Karena anda tidak sibuk mempersiapkan apa yang harus anda kerjakan namun malah sibuk melakukan hal yang sia-sia. Memiliki angan-angan tentunya syah-syah saja namun jika berlebihan akan merugikan anda sendiri.

Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Siapa nih yang biasa mendengarkan musik dengan handsfree dengan volume penuh. Hati-hati ya karena ini juga bisa mengganggu fungsi otak anda. Mulai dari getarannya tersebut bisa mengakibatkan sel-sel dalam otak tidak bekerja secara maksimal.

Dalam beberapa kasus bahkan bisa memicu yang namanya kanker otak. Ini fatal sekali, jadi lebih baik jika anda mendengarkan musik sewajarnya saja dan jangan terlalu lama jika memakai handsfree.

Mendengarkan musik akan menyehatkan otak jika dengan cara yang benar, teratur dan juga menggunakan musik yang bagus. Musik juga bisa menjadi sarana relaksasi otak kalian, tapi jika terlalu keras dan berlebihan justru akan merusak.

Sering Begadang dan Kurang Tidur

Seseorang yang mengalami kurang tidur biasanya akan nge blank otaknya. Gak nyambung lah dalam bahasa keseharian kita. Hal itu karena pada saat otak kita lelah namun tidak di istirahatkan dengan cukup.

Jika kebiasaan ini terus menerus diulang-ulang pastinya akan memberikan dampak yang buruk untuk otak kita. Jadi usahakan jika tidak ada hal yang penting atau mendesak kurangi yang namanya begadang. Seperti kata bang rhoma irama, begadang boleh saja asalkan ada perlunya.

Jika anda mempunyai tidur yang kurang juga akan berdampak pada kesehatan tubuh juga. Tubuh tidak fit dan cenderung mudah terserang penyakit karena imunitas yang menurun.

Sering Minum Alkohol

Ini juga penyebab yang sangat jelas sekali. Biasanya otak akan tidak normal jika seseorang meminum alkohol, cenderung lupa akan masalah, meskipun tidak menyelesaikan masalah. Efek euforia dari alkohol ini memang cukup merugikan buat seseorang.

Jika dilakukan secara terus menerus atau menjadi kebiasaan meminum alkohol, seseorang akan lebih cepat menjadi begok. Ngomong kadang tidak nyambung, banyak bengong, karena memang fungsi otaknya banyak yang terganggu.

Perokok Berat

Ada yang bilang jika sambil merokok bisa membuat fikiran makin tajam dan cemerlang. Namun tidak disadari jika kebiasaan tersebut akan melemahkan fungsi otak yang sebenarnya. Coba jika ada seorang perokok berat dan tidak merokok, apa yang akan dia rasakan?

Hal itu karena fungsi otak sudah rusak, jadi perokok berat tidak bisa mikir kalau tidak merokok, susah mendapatkan ide, dan cenderung mudah emosi. Ya kalau misalkan anda sebagai perokok berat dan masih tetap ingin seperti itu ya terserah, sebenarnya semua perokok berat menyadari akan akibatnya sendiri, namun sudah kalah dengan candu dari zat rokok itu sendiri.

Sering Stress Berlebihan

Iya kalau stress belebihan terus menerus kan ujung-ujungnya jadi gila. Kenapa bisa begitu?
Secara logika otak kita ketika sedang stress itu akan bekerja lebih keras, jadi usahakan jangan terlalu sering dan usahakan juga untuk refresh agar otak kita tetap sehat.

Kasus ini biasa terjadi pada orang-orang yang bekerja dalam tekanan tiada henti atau bisa juga terjadi pada orang yang mengalami masalah yang berturut-turut. Jadi usahakan bagi kita untuk menjaga keseimbangan fikiran kita biar tidak rusak, karena kalau kalau sampai rusak dan menjadi gila atau lupa ingatan, pemulihannya pun akan lebih sulit lagi.

Pola Makan dan Olahraga Yang Tidak Sehat

Selanjutnya kebiasaan buruk yang bisa merusak otak adalah pola keseharian kita. Pernah gak anda makan tidak teratur, pagi gak sarapan dan tiba-tiba tidak bisa mikir?
Atau misalkan kekenyangan lalu gak bisa mikir biasa disebut kalau kenyang jadi bego?
Hal ini karena asupan-asupan otak tidak tersedia dengan baik sehingga sel otak tidak bekerja maksimal.

Selain itu dari segi kebiasaan berolahraga seseorang, jika orang yang lebih sering berolahraga dia akan lebih cerdas dan cemerlang, hal itu dikarenakan sel-sel otak juga ikutan sehat dan bekerja secara maksimal

Otak Jarang Dilatih

Jika seseorang mempunyai sebuah keahlian yang lama sekali tidak digunakan, pasti akan ada yang lupa, hal itu karena otak yang jarang dilatih, otak itu ibaratkan perputaran sebuah memory. Jadi menyesuaikan kebiasaan juga, jika kita sering melatihnya menghafal bahasa inggris misalkan maka akan tajam dengan bahasa inggris, begitu pula jika tidak pernah dilatih sama sekali.

Intinya bagaimana kondisi otak kita tergantung dari apa yang kita lakukan sehari-hari, jika kita berikan asupan-asupan yang positif pastinya akan berdampak pada hal yang baik pada otak. Sedangkan jika kita biasa melakukan kebiasaan buruk seperti contoh diatas pastinya akan berakibat buruk pada otak kita.

Demikian mengenai Kebiasaan Yang Menyebabkan Kerusakan Otak  Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda dan terimakasih 
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Kerusakan Otak Yang Jarang Disadari"