Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa

Idntifia.com10 Manfaat  Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh. Kita semua pasti tahu dengan buah apel, namun sudahkah kamu tahu manfaat dari buah ini ? Buah ini bisa kita temukan di beberapa tempat dengan mudah, mulai dari tukang buah keliling, pasar tradisional, pagkalan tukang buah, pasar tradisonal hingga supermarket.

Sebelum kita bahas mengenai manfaat dari buah apel ini, bahwa buah apel ini memang banyak sekali kandungan zat yang bermanfaat untuk tubuh. Antara lain sebagai berikut :
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Air Protein
  • Gula 
  • Serat
  • Lemak
  • Vitamin A, C, D, E,
  • Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12
  • Cholin
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potassium
  • Sodium
  • Seng

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Seseorang

Sepeti yang kita ketahui bersama, bahwa buah ini memang kaya dengan zat yang bisa menjaga daya  tahan tubuh dari penyakit, serta menjadi salah satu cemilan yang sehat. Dan manfaat buah apel untuk kesehatan antara lain sebagai berikut :


1. Mengurangi Resiko Terkena Stroke

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of American Heart Association, ditemukan sebuah hasil yang cukup mengejutkan bahwa kandungan dalam buah ini mampu untuk mencegah dan mengurangi resiko terkena stroke.

Hal itu dikarenakan kandungan dari buah apel yang bernama Phytochemical yang memiliki manfaat seperti karotenoid (warna merah, kuning & oranye pada buah dan sayur) dan Flavanoid di mana keduanya berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh seseorang.

Jadi mengkonsumsi buah apel sehari-hari sehari menjadi cemila buah segar juga sangat bagus sekali untuk mencegah stroke.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Khususnya buat kamu yang sedang menjalani program diet, pasti akan sangat bermanfaat jika mengkonsumsi buah ini. Karena kandungam serat dan airnya yang tingi bisa bikin kita kenyang. Untuk yang sedang diet, buah ini bagus jika di konsumsi sebelum dan sesudah makan, sehingga makan nasi sedikit pun sudah kenyang.


3. Menetralisir kadar gula darah

Kadungan zat-zat didalam buah apel ini sangat bagus sekali guna mengontrol gula darah dalam tubuh seseorang. Jadi misalkan untuk cemilan sehari-haripun pastinya sekaligus bisa menjaga kesehatan kita

4. Mencegah kolesterol tinggi

Kadar serat yang tinggi dalam buah apel dipercaya bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh seseorang hingga menurunkan kalori sebanyak 15%. Jadi misalkan saja mengkonsumsi 1 buah apel setiap hari pasti akan sangat bagus untuk menangkal kolesterol jahat

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Selain untuk kesehatan diatas, menfaat buah apel selanjutnya adalah bisa menyehatkan kulit, buah yang kaya dengan berbagai vitamin ini mampu memberikan nutrisi pada kulit dengan baik, sehingga bagus sekali jika kita konsumsi setiap hari

Kandungan dalam buah ini juga bisa menciptakan wajah yang bersih karena bisa menghilangkan noda bekas jerawat yang membandel. Jadi terutama untuk wanita yang ingin melakukan perawatan muka, dengan mengkonsumsi buah ini setiap hari akan menjadi lebih maksimal.


6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan-kandungan seperti yang saya sebutkan diatas tadi juga akan mengurangi resiko seseorang terkena serangan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang larut dalam lemak, seperti halnya zat pktin. fitonutiem atau lemak nabati, kemudian antioksidan nya juga mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah.

Mungkin bagi anda yang sering mengkonsumsi buah apel ini sekaligus anda sudah menjada kesehatan jantung dengan baik.

7. Melancarkan pencernaan dan buang air besar

Seperti yang saya sebutkan dalam sebelumnya bahwa buah ini kaya akan serat yang mampu memudahkan pencernaan dan juga melancarkan buang air besar.

Selain itu agar lebih maksimal dianjurkan untuk memakan bersama kulitnya karena kandungan serat tinggi serta mengandung antioksidan yang cukup banyak. Selain itu, manfaat apel bagi kesehatan ini juga ada karena kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.


8. Menurunkan risiko kanker

Manfaat yang lain dari buah apel ini bagi kesehatan adalah bisa menurunkan resiko penyakit kanker. Hal itu dikarenakan adanya aktioksidan tinggi dalam buah apel sehingga mampu membunuh bakteri jahat dan juga menangkal radikal bebas.

9. Mengobati Asma

Ternyata jika anda mau rutin mengkonsumsi buah apel setiap harinya memang banyak sekali manfaatnya. Dan manfaat selanjutnya adalah mampu mengobati asma atau obat saluran pernapasan, hal itu dikarenakan kandungan quercetin yang tinggi dan juga antioksidan yang mampu mengurangi penyakit di pernapasan.

10. Mencegah Batu Empedu

Seperti yang dijelaskan di point sebelum-sebelumnya bahwa buah apel ini mampu mengurangi penumpukan kolesterol jahat, dan untuk penyakit batu empedu sendiri disebabkan karena koleterol jahat. Jadi jika mengkonsumsi buah apel ini setiap hari, secara otomatil akan mencegah seseorang terkena batu empedu.

Demikian mengenai apa saja manfaat buah apel bagi kesehatan kita bersama. Mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan sekaligus bisa memberikan manfaat untuk anda.

Sumber Refrensi : Doktersehat.com
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa"