Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Konsumsi Buah Pisang Untuk Kesehatan

Idntifia.com - Manfaat Buah Pisang. Didalam kehidupan sehari-hari pasti sering kita temui berbagai macam jenis buah-buahan dan salah satu yang paling sering dan mudah ditemui adalah buah pisang. Buah pisang sendiri ada banyak jenisnya, dari mulai pisang ambon, pisang kepok, pisang uli, pisang merah, pisang susu, pisang tanduk, pisang emas dan masih banyak jenis lainnya.

Pisang sendiri sangat bagus untuk kesehatan tubuh apabila di konsumsi secara teratur. Hal itu dikarenakan ada 7 zat dalam pisang yang bisa bermanfaat untuk tubuh, zat itu antara lain adalah :

  • Energi: 99 kkal
  • Protein: 1,2 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 25,8 gr
  • Kalsium: 8 mg
  • Fosfor: 28 mg
  • Zat Besi: 1 mg
  • Vitamin A: 146 IU
  • Vitamin B1: 0,08 mg
  • Vitamin C: 3 mg
Karena beberapa kandungan zat tersebutlah pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Konsumsi Buah Pisang Untuk Kesehatan

manfaat buah pisang untuk kesehatan
Foto oleh Renata Brant dari Pexels

Pisang merupakan makan sehat dan lezat yang mudah sekali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menemukannya pada tukang buah, tukang sayur, di pasar tradisional hingga supermarket. Selain itu pisang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain sebagai berikut :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang merupakan buah yang sangat bagus untuk membantu program diet, makanya kamu pasti sudah pernah mendengar yang namanya diet pisang. Kenapa bisa demikian? Karena kandungan dalam pisang ini kaya akan serat dan vitamin sehingga menjadikan seseorang menjadi kenyang setelah memakannya, bagusnya lagi pisang ini memiliki rendah kalori yang bisa menimbulkan berat badan berlebihan.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan buah pisang ini, kalian bisa konsumsi buah pisang setiap sebelum sarapan, sebelum makan siang dan juga bisa menjadi cemilan alternatif keseharian kamu. Bukan berarti tidak makan atau cuma makan pisang, tapi menjadikan pisang sebagai makanan pembuka, kemudian mengurangi porsi makan nasi.

2. Sumber Energi

Seperti halnya dengan nasi, pisang ini sebenarnya sudah mengandung karbohidrat yang cukup guna memberikan asupan energi bagi tubuh. Selain itu juga dengan mengkonsumsi pisang sehari 3 kali dipercaya bisa meningkatkan daya imun tubuh.

Kenapa bisa demikian, karena kandungan karbohidrat, vitamin dan juga antioksidan bekerja sama dalam menguatkan imun tubuh seseorang.

3. Menyehatkan Tulang

Seperti kandungan zat yang sudah saya sebutkan diatas, buah pisang ini mengandung zat kalsium dan fosfor yang mampu memberikan kesehatan tulang dan persendian. Meskipun tidak bisa terlihat secara langsung bahwa pisang menguatkan dan menyehatkan tulang, namun konsumsi secara teratur akan mendukung pasokan kalsium dan fosfor yang cukup untuk tulang kita.

4. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi buah pisang secara teratur dipercaya bisa melancarkan pencernaan. Ketika kita mengkonsumsi buah ini juga sebenarnya sudah sangat jelas kalau buah ini sangat mudah dicerna oleh alat pencernaan dalam tubuh kita, jadi artinya buah ini bersahabat dengan alat pecernaan kita, selain itu kandungan dalam pisang juga bisa menyerap banyak nutrisi sehingga makanan lain yang masuk kedalam tubuh kita lebih mudah untuk dicerna.

5. Menetralkan Gula Darah

Buah ini juga bisa memberikan manfaat untuk menetralkan kandungan gula darah dalam tubuh kita. Hal itu dikarenakan buah ini memiliki kandungan pektin dan pati resistan yang mampu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. 

6. Menyehatkan Jantung

Meskipun tidak secara langsung pisang bisa menjadi obat untuk penderita penyakit jantung, namun pisang sendiri merupakan buah yang mngandung zat kalium dan magnesium yang beguna untuk menyehatkan jantung. Jadi dengan mengkonsumsi pisang secara teratur, anda sudah mencoba mencukupi asupan yang dibutuhkan oleh jantung kita.

7. Menangkal Radikal Bebas

Pisang memiliki zat antioksidan yang kuat yang bisa membunuh berbagai macam bakteri jahat akibat radikal bebas. Oleh karena itu pisang bisa menjadi penguat daya tahan atau imun yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

8. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kandungan zat pada pisang yang bernama potasium, merupakan zat yang sangat bagus dalam meningkatkan kesehatan ginjal.

Selain ke 8 manfaat pisang diatas pisang juga bisa diyakini bisa menyembuhkan penyakit asma, melancarkan peredaran darah, meredakan nyeri haid dan masih banyak lagi yang lainnya apabila di konsumsi secara teratur.

Namun pisang jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita, hal itu dikarenakan kandungan dalam buah ini sangat banyak sekali, maka jika dikonsumsi berlebihan pasti juga akan menimbulkan gangguan bagi kesehatan kita. 

Mengkonsumsi pisang secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan antara lain :
  • Menimbulkan sakit perut
  • Menimbulkan kebusukan pada gigi
  • Menimbulkan masalah pernafasan
  • Meningkatkan nyeri migran
Jadi kebanyakan buah yang kita temukan dalam sehari-hari memang banyak sekali manfaatnya, namun jika dikonsumsi secara berlebihan pastinya tidak akan baik. Demikian artikel kali ini mengenai manfaat buah pisang bagi kesehatan kita. semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Sumber refrensi : idntimes.com
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Manfaat Konsumsi Buah Pisang Untuk Kesehatan"