Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Mendirikan Usaha Modal Kecil Dari Nol

Idntifia.com - Panduan Mendirikan Usaha Modal Kecil. Banyak sekali orang yang ingin memiliki usaha sendiri karena bisa mandiri dan bebas dari tekanan orang lain, selain itu dengan memiliki usaha sendiri, memberikan peluang untuk keuntungan yang tidak mempunyai batasan.

Tapi jangan hanya memikirkan soal keuntungan saja ya, karena usaha sendiri juga memiliki peluang untuk mengalami kerugian total alias habis semua. Tapi jika kamu mau menjalankan usaha memang harus berani mengambil resiko, karena kalau terlalu takut akan resiko biasanya gak jadi jalan, kalaupun jalan juga langkah-langkahnya tidak maksimal

Bisakah Mendirikan Usaha Dengan Modal Kecil?

Panduan Lengkap Mendirikan Usaha Modal Kecil
Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels

Mendirikan usaha memang harus mempunyai modal, ini adalah fakta. Namun dalam hal modal sendiri tidak semua orang memiliki modal yang besar untuk mendirikan usaha mereka, maka dari itu harus belajar bagaimana caranya mengatasi hal tersebut.

Dimana ada keinginan, disitu bakalan ada jalan. Jadi jangan menyerah atas keinginan ataupun cita-cita yang kamu miliki sekarang. Karena setiap orang mempunyai hak untuk sukses. Kalau memang secara modal keuangan kita belum mencukupi, kita bisa menggunakan modal yang melekat pada diri kita, yakni tenaga, fikiran dan juga dengan gerakan anggota tubuh kita.

Bagaimana Mendirikan Usaha Modal Kecil?

Jika kita belum cukup kuat untuk berdiri sendiri, coba kita pegangan sama orang yang lebih kuat. Begitulah ilustrasinya, kita bisa memanfaatkan setiap  peluang yang tidak membutuhkan biaya besar. Ada beberapa cara agar kamu bisa melakukan atau membangun usaha dengan modal yang kecil. Antara lain adalah sebagai berikut :


1. Membangun Kemitraan Atau Kerjasama

Membangun kemitraan merupakan salah satu solusi untuk mendirikan sebuah usaha modal kecil. Coba kita mencari orang atau pihak yang mau bekerjasama dengan kita. Pastikan kamu juga sudah memiliki ide yang jelas mengenai usaha yang akan kamu jalankan. Selain itu juga pastikan usaha yang akan kamu jalankan ini sesuai dengan kompetensi diri kamu. Kemudian selanjutnya juga analisalah usaha kamu ini berprospek bagus kedepannya.

Yang namanya mitra atau orang yang diajak kerjasama pasti akan mempertimbangkan usaha yang akan kamu jalankan, jadi pastikan beberapa hal tadi, jenis usaha, kompetensi anda, prospek dan segala kebutuhan material. Anda bisa membuatnya dalam sebuah draft yang tersusun rapi agar menunjukkan profesionalisme dan keseriusan anda.

Bermitra dengan orang lain tidak selalu mendapatkan invest dana dari orang tersebut, tapi bisa kita jalin dalam banyak hal, misalkan kerjasama bahan, tempat, alat atau yang lainnya. Jadi ini bisa mendukung anda dalam mendirikan usaha modal kecil.


2. Menjadi Subcount Usaha Orang Lain

Selanjutnya kamu bisa membuat sebuah usaha modal kecil dengan cara bergabung atau nge sub usaha orang lain. Artinya anda menawarkan sebuah jasa untuk ikut memasarkan produk atau jasa dari usaha atau sebuah perusahaan milik orang lain.

Cara ini mungkin anda bisa menjadi dropshiper atau bisa menjadi tenaga market mereka. Dalam teknis pelaksanaanya anda bisa membuat sebuah website untuk memasarkan produk mereka atau membuat sebuah kantor atau cabang usaha yang mereka, asalkan bisa memberikan keuntungan untuk mereka pasti mereka bersedia untuk menjadikan kita sebagai sub usaha mereka.

Dari sini anda sebenarnya sudah bisa memulai bagaimana caranya untuk membangun brand image anda sendiri. Misalkan kamu ingin membangun usaha digital printing misalnya tapi belum memiliki modal, anda coba cari perusahaan printing yang ternama ditempat anda, kemudian memasarkan produk dan layanan mereka dan dalam proses nya kamu juga mengenalkan pada pelanggan tentang siapa kamu, kalau sudah dikenal baik misal "si itu azis tukang digital printing", jika sudah mendapatkan brand image suatu saat kamu bakalan lebih mudah mendirikan usaha sendiri.

Dari situ juga anda bisa belajar bagaimana mangement dan segala proses yang berlangsung. 


3. Usaha Modal Pashion 

Kan banyak dijelaskan di internet juga tentang usaha modal kecil dengan memanfaatkan pashion diri kita. Dan banyak sekali usaha modal pashion atau kegemaran kita yang membutuhkan modal sangat sedikit. Contohnya adalah menjadi youtuber, blogger, menjadi penulis artikel online, menjadi dropshiper, reseller dan sejenisnya

Dengan pashion kita bakalan lebih nyaman karena kita melakukan hal-hal yang kita sukai dan selain itu juga tidak harus memerlukan modal yang besar.


4. Usaha Modal Keahlian Dengan Menyediakan Jasa

Saya kenal seseorang yang sekarang sudah punya konter service yang cukup ramai di bekasi, dan sekitar 4 tahun yang lalu dia hanya modal alat dan rajin iklan jasa service hp di fb. Dengan modal yang terbilang sangat murah, tidak sampai satu juta. Dan sekarang sudah punya konter sendiri dan punya banyak pelanggan, padahal dulu dia di kontrakan yang hanya petak dengan kamar mandi.

Ini sebuah bukti bahwa keahlian dapat menjadi solusi untuk usaha modal kecil. Coba deh kamu coba analisa dalam diri kamu, siapa tahu kamu tu sebenarnya punya keahlian khusus yang bisa kamu jual. Penjualan jasa dari dulu memang usaha yang paling efektif dari segi modal.


5. Usaha Memberikan Edukasi

Ide selanjutnya untuk mendirikan usaha modal kecil. Adalah dengan cara kamu memberikan edukasi pada orang lain. Ini bisa dilakukan asalkan anda memiliki  kemampuan dan pengetahuan yang baik dalam satu bidang. Buka aja privat berbayar misalkan, atau edukasi belajar desain, atau apapun yang bisa kamu ajarkan pada orang lain.

Memberikan edukasi modalnya bukan terletak dari besarnya uang, tapi terletak pada kemampuan anda sendiri, jadi tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya.


Bagaimana Proses  Mendirikan Usaha Modal Kecil?

Jika kamu sudah mendapatkan ide mengenai usaha apa yang bakalan kamu dirikan, proses selanjutnya adalah anda harus memulainya. Jadi jangan cuma banyak rencana tapi gak mulai-mulai, usahakan untuk menetapkan satu jenis usaha dan segera memulainya.

Proses mendirikan usaha dapat dikatergorikan dalam 4 proses, ini juga biasa digunakan dalam organisasi, konsep ini disebut POAC, berikut penjelasannya

1. Planning

Membuat sebuah rancangan, perencanaan pada usaha yang akan kamu rintis, dalam membentuk sebuah planning kamu bisa menggunakan rumus 5W+1H, yaitu kamu tentukan hal-hal berikut ini :
  • Jenis usaha yang kamu pilih
  • Apa saja yang akan kamu jual atau sediakan
  • Dimana kamu akan menjalankan usaha tersebut
  • Material yang kamu butuhkan
  • Dengan siapa kamu menjalankan usaha tersebut
  • Siapa saja target usaha anda
  • Daerah mana saja pemasaran market anda
  • Berapa saja dana yang kamu butuhkan
  • Menetapkan target jangka pendek dan jangka panjang
Dalam melakukan planning usaha fikirkan juga safety usaha, artinya kamu juga sudah mempersiapkan kegagalan yang mungkin terjadi. Jadi jangan sampai kamu tidak punya sebuah antisipasi dalam menghadapi kendala usaha nantinya.

2. Organizing

Untuk organizing ini sendiri adalah bagi anda yang melakukan usaha lebih dari satu orang. Jadi setelah selesai membuat perencanaan bisa melakukan yang namanya pembagian tugas.
pembagian tugas harus dilakukan sesuai dengan potensi dan kemampuan masing-masing.

Dalam proses organizing ini anda bisa membuat formasi SDM yang jitu agar usaha anda berjalan dengan lancar dan lebih cepat berkembang.Formasi yang bagus bisa dibangun dengan cara menyesuaikan jabatan atau bagian dengan keahlian, bisa juga menyesuaikan dalam penyebaran target pemasaran dan yang lainnya. Intinya dalam pembagian tugas ini gimana carany semua kebutuhan usaha anda bisa tecover dengan baik.


3. Actuating / Proses

Dalam proses inilah banyak hal bakalan ditentukan, jadi keberhasilan usaha anda sangat ditentukan pada proses anda membangun dan menjalankannya. Didalam proses ini juga anda bakalan menemukan banyak pelajaran yang mungkin selama ini tidak anda bayangkan. Didalam proses menjalankan usaha, jika anda ingin cepat berhasil dan menjadi besar usahakan untuk fokus pada usaha tersebut.

Ciri-ciri bahwa anda fokus dengan usaha yang anda jalankan adalah anda memusatkan perhatian, waktu dan tenaga anda untuk usaha yang anda jalankan. Selain itu jika anda fokus anda akan istiqomah dalam menjalankan usaha tersebut dan tidak mudah tergoda atau pindah pada usaha yang lain.

Tips agar anda bisa menjaga fokus terhadap usaha yang anda jalankan antara lain sebagai berikut :
  • Tidak mudah tergoda dengan peluang baru
  • Tidak mudah tergoda dengan hasil yang diperoleh
  • Memiliki Tanggungjawab terhadap impian yang sudah kamu tetapkan.
Didalam proses ini anda juga harus menerapkan disiplin tinggi agar usaha anda lebih teratur, selain itu anda dukung dengan konsistensi, sehingga bisa terus berkembang dengan baik.


4. Controlling (Evaluasi)

Kemudian tahapan yang wajib ada dalam usaha yang kamu jalankan adalah melakukan evaluasi, artinya anda coba untuk melakukan koreksi secara berkala pada usaha anda. Bisa mingguan, bulanan, dan koreksi harian juga setiap selesai menjalankan usaha seharian misalnya.

Didalam proses controlling ini sangat penting bagi perkembangan usaha yang akan anda jalankan kedepan, anda harus melakukan analisa dan mencatat semua kejadian yang berharga dalam proses menjalankan usaha anda. Antara lain kendala apa saja yang dialami selama ini.

Jika anda sudah melakukan semua proses diatas berarti langkah terakhir adalah doa dan sabar. Karena jika kita berusaha namun tidak berdoa maka akan sulit mendapatkan campur tangan Tuhan dalam kemajuan usaha kita, selain itu juga kita harus sabar, karena tidak semua usaha bisa cepat berkembang dan sukses, ada banyak usaha dan perusahaan besar melalui proses pahit yang lama.

Demikian mengenai panduan usaha modal kecil kali ini. Dan saya doakan agar semua bisa segera sukses dalam menjalankan usahanya dan terima kasih.
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

1 comment for "Panduan Lengkap Mendirikan Usaha Modal Kecil Dari Nol"

Berlangganan via Email