Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Memiliki Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas Dalam Kehidupan Sehari-hari

Idntifia.com - Pentingnya Tidur Cukup dan Berkualitas. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari ada pola yang harus kita jalani yang disebut dengan rutinitas. Yaitu sesuatu aktifitas yang kita ulang-ulang dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, beribadah, olahraga, mandi, kerja, bermain dan sederetan aktifitas lainnya.

Dan yang cukup penting adalah masa istirahat dalam kehidupan sehari-hari kita, apakah sudah cukup selama ini? Banyak sekali manfaat tidur yang cukup untuk mendukung aktifitas yang lainnya menjadi lancar, selain itu juga akan berdampak untuk kesehatan kita.

Bagaimanakah tidur yang cukup atau berkualitas dalam keseharian kita? Waktu tidur yang cukup setiap orang berbeda-beda berdasarkan umur dan tingkat aktifitasnya. Saya mengutip dari sehatq.com mendapatkan rincian tidur yang cukup dalam sehari sebagai berikut :

  • Bayi berumur 0-3 bulan : 14-17 jam 
  • Bayi berumur 4-11 bulan : 12-15 jam
  • Balita berumur 1-2 tahun : 11-14 jam
  • Prasekolah berumur 3-5 tahun : 10-13 jam 
  • Usia sekolah berumur 6-13 tahun : 9-11 jam 
  • Dewasa muda berumur 18-25 tahun: 7-9 jam 
  • Dewasa berumur 26-64 tahun : 7-9 jam 
  • Lansia berumur 65 tahun ke atas: 7-8 jam 
Lalu tidur seperti apakah yang berkualitas? Tidur yang berkualitas adalah selama waktu tidurnya bisa beristirahat penuh dengan tidak banyak gangguan, atau sering dinamakan dengan tidur dengan pulas.

Manfaat Memiliki Waktu Tidur Yang Cukup dan Berkualitas

tidur-yang-cukup-dan-berkualitas

Memiliki Daya Tahan Tubuh Kuat

Hal ini disebabkan tubuh sudah beristirahat penuh setelah seharian beraktifitas, sel-sel dan otot serta semua anggota tubuh kita bukanlah mesin yang bisa terus kita paksa beraktifitas, maka dari itu penting sekali untuk di istirahatkan sementara sehingga segar kembali.

Orang yang memiliki tidur yang cukup dan berkualitas akan lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan dengan orang yang sering begadang, atau bahkan tidak tidur sama sekali.

Menghindari Resiko Tekanan Darah Tinggi

Manfaat kedua dari mempunyai tidur yang cukup dan berkualitas dan cukup adalah terhindar dari tekanan darah tinggi. Hal ini karena jika anda tidak cukup tidur, akan lebih emosional karena banyaknya syaraf yang tegang.

Syaraf yang tegang dan juga kondisi emosional karena kurang tidur itulah yang memicu tensi darah naik atau darah tinggi jika dilakukan secara terus menerus.

Mempertajam Ingatan Seseorang

Anda pasti pernah mengalaminya jika kurang tidur berfikir lebih lambat dan cenderung tidak nyambung. Hal itu dikarenakan tidak adanya istirahat yang cukup bagi otak kita dan otak kita bekerja berlebihan dalam waktu 24 jam.

Jika anda ingin hari-hari dan karir anda berjalan dengan baik anda silahkan disiplin dalam waktu tidur anda, sehingga lebih maksimal dalam memfungsikan otak kita dalam kehidupan sehari-hari.

Menjaga Berat Badan Tubuh Seimbang

Berat badan tubuh tetap seimbang artinya adalah tidak kegemukan dan juga tidak kekurusan. Karena dalam hal ini ada 2 tipe orang yang berbeda. Ada yang merasa lapar karena kurang tidur, namun ada yang malas makan karena kurang tidur.

Hal itu dikarenakan metabolisme dalam tubuh seseorang tidak maksimal. Selain itu tidur yang cukup bisa menjaga keberadaan karbohidrat dengan baik yang bisa mengurangi lapar yang berlebihan.

Memiliki Kehidupan Seks Yang baik

Hal ini dikarenakan jika seseorang terlalu lelah dalam sehari-hari mereka dan tidak tidur, mereka akan memiliki kekurangan dalam romantisme sex dengan pasangan.

Dengan waktu tidur yang kurang akan memicu turunnya gairah sex, menyebabkan impotensi dan lebih cenderung ejakulasi dini, maka dari itu tidur yang cukup juga mempengaruhi kehidupan sex juga.

Meningkatkan Suasana Hati


Mood atau suasana hati yang tidak baik biasanya akan dialami oleh seseorang yang kurang tidur, cenderung emosian dan juga gelisah. Hal ini juga dikarenakan banyaknya otot-otot yang tegang karena tidak diistirahatkan dengan baik.

Jika anda ingin lebih ceria dalam sehari-hari pastinya anda harus memiliki waktu tidur yang cukup. Selain itu juga, jika anda kurang tidur cenderung malas dan tidak bersemangat dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Terhindar Dari Resiko Kecelakaan Dan Cidera

Ini sangat jelas sekali, jika anda memiliki waktu tidur yang kurang akan mempunyai resiko kecelakaan yang lebih tinggi, misalkan saja kurang tidur lalu paginya atau siangnya mengendari motor atau mobil sendiri.

Kemudian juga kondisi lemah karena kurang tidur bisa menjadikan anda mudah cidera dalam bekerja karena anda memiliki fokus yang sangat minimal.

Jadi selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita, tidur yang cukup juga bisa menjadikan seseorang lebih safety dan selamat.

Mempunyai pola hidup yang seimbang itu sangat penting sekali, segala sesuatu yang berlebihan pasti akan berakibat buruk bagi kehidupan kita.

Demikian mengenai Pentingnya Memiliki Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas Dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda.
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Pentingnya Memiliki Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Berlangganan via Email