Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Menjadi Influencer Yang Sukses dan Terkenal

Idntifia.com - Apa Itu Influencer? Dan Bagiamana Caranya Menjadi Influencer Yang Sukses?. Instilah Influencer mungkin sudah lama populer di telinga sobat semua, tapi mungkin sebagian juga belum apa itu influencer dan bagaimanakah cara kerja menjadi seorang influencer.

A. Apa itu Influencer ?

tips menjadi influencer sukses
Photo by Moose Photos from Pexels

Influencer adalah orang yang mampu memberikan pengaruh pada banyak orang atau komunitasnya, perngertian itu berdasarkan Influencer berasal dari bahasa prancis yang artinya adalah pengaruh. Untuk menjadi seorang influencer sebenarnya tidak ada kriteria khusus, mau umur berapa, dari strata sosial bagaimana, semuanya boleh menjadi seorang influencer yang sukses.

Seseorang bisa saja menjadi influencer yang sukses asalkan bisa mengembangkan bakat mereka atau bisa memberikan manfaat untuk orang banyak. Manfaat itu bisa banyak jenisnya, bisa mengedukasi, menginformasi, menghibur dan lain sebagainya.

Sampai disini sudah paham apa itu influencer?

Jika belum saya akan memberikan sebuah contoh, ada seorang youtuber atau instagram influencer yang bisa menarik banyak orang untuk memperhatikannya, entah itu dengan penampilannya, keahliannya, dan pashion yang mereka miliki.

Dari situlah nantinya akan mendatangkan banyak peluang bisnis dan juga tawaran-tawaran kerjasama yang menyebabkan mereka sukses dalam hal penghasilan. Sampai sini pasti anda sudah paham apa itu influencer.

B. Tips Menjadi Influencer Yang Sukses

Tips menjadi influencer sukses
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Banyak yang bercita-cita menjadi seorang influencer tapi kenyataannya tidak berhasil, kenapa bisa demikian. Yang pertama karena memang pesaingan yang sangat ketat. Yang kedua banyak yang belum tahu bagiamana caranya agar bisa menjadi influencer yang sukses itu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut :


1. Sesuai Pashion

Banyak orang yang pengen sukses tapi tidak bisa mengenali diri sendiri punya potensi apa, dan akhirnya gagal. Didalam pashion anda pasti bakalan ada potensi yang cukup kuat. Coba anda tentukan pashion anda lalu kembangkan dalam jalan anda menjadi seorang influencer yang sukses. 

Dengan anda menjalankan pashion anda, anda bakalan lebih enjoy dalam proses yang anda jalankan. Jangan cuma ikut-ikutan orang, tapi juga lihat kedalam diri anda. InsyaAllah dari situ ada bibit kesuksesan anda.


2. Unik Dan Menarik

Banyak orang yang bisa menjadi sukses dalam influencer karena mereka ada spesialisasi yang unik dan menarik untuk banyak orang. Entah itu dari segi penampilan, dari segi cara bicara, dari segi atraksinya. Jika anda pengen sukses fikirkan cara yang beda dengan ciri khas anda sendiri. Untuk membuat suatu konten atau materi yang original memang sudah tidak ada, tapi membuat ciri khas anda yang original tentu ada pada diri anda sendiri bagaimana mengolahnya.

3. Menghibur

Apakah anda seorang yang jago dalam menghibur orang, anda bisa dibilang orangnya lucu? Kalau iya berarti anda punya peluang besar untuk sukses di bidang influencer. Di indonesia ini lebih banyak yang nonton hiburan daripada tontonan yang lainnya. Pandai menghibur bukan cuma soal bakat, tapi tentunya bisa anda pelajari jika anda mau. 

4. Menginformasi

Ide selanjutnya adalah menginformasi. Jika anda kurang dalam menghibur atau dalam keahlian lain, tapi anda merasa kalau bisa terus update memberikan informasi kepada banyak orang, anda juga bisa sukses dalam bidang influencer. Contoh misalkan anda membuat akun ig atau chanel youtube, kemudian anda bisa update info bermanfaat terus menerus, nanti juga banyak follower dan juga subscriber.

Anda bisa membuat sebuah chanel atau ig atau fanspage yang isinya adalag berita berita update. Semua orang butuh informasi terkini, jadi jika anda bisa mencukupi kebutuhan banyak orang tersebut pastinya sukses lebih mudah anda raih.

5. Mengedukasi

Ide selanjutnya adalah mengedukasi. Jika anda ahli dalam suatu bidang atau berpengetahuan luas dalam satu atau banyak bidang bahkan, berarti anda juga punya modal untuk menjadi influencer yang sukses. Banyak kok yang membuka edukasi dan menjadi sukses, misalkan saja edukasi trading saham, trading forex, edukasi pendidikan, edukasi bisnis tertentu, dan masih banyak lagi contohnya, dan mengenai edukasi apa yang tepat bagi anda jawabannya ada pada diri anda sendiri.

6. Menginspirasi / Memotivasi

Ide selanjutnya adalah menjadi motivator atau inspirator. Motivator adalah memorivasi orang lain dengan nasehat nasehat yang anda berikan. Sedangkan inspirasi gak cuma dari anda, anda bisa mengangkat kisah orang sukses, mengangkat objek tertentu untuk anda jadikan bahan inspirasi.

Jika anda ingin menjadi motivator untuk buat orang lain menjadi sukses tentunya anda harus sukses terlebih dahulu, kalau tidak mana ada yang percaya. Atau anda bisa mewawancari tokok sukses wirausahawan untuk anda sediakan dalam konten-konten anda juga bisa.

7. Pantang Menyerah

Jika anda masih merintis, pasti bakalan ada banyak sekali cobaan yang nantinya bakal anda lewati. Jangan menyerah, karena semua kesuksesan membutuhkan pengorbanan. Jika anda mampu teguh dalam berjuang, saya yakin anda bisa sampai pada tujuan yang anda tuju, tapi kalau anda menyerah, semua usaha anda dan harapan anda akan sia-sia

8. Konsisten

Jika anda tidak menyerah, langkah selanjutnya adalah konsiten. Bagaimana caranya anda harus terus berproses. Karena yang namanya proses tidak menghianati hasil dan selain itu yang namanya konsistensi bayarannya adalah keberhasilan.

Jika anda konsisten dalam menciptakan konten atau informasi, anda juga akan dinilai pantas oleh orang2. Anda akan dianggap profesional dan bahkan anda akan dianggap ahli karena bisa terus menberikan sesuatu untuk audience anda.

9. Pandai Dalam Promosi

Selanjutnya adalah anda melakukan promosi dari apa yang anda buat. Anda butuh dikenal banyak orang, kalau tidak promosi orang tidak akan menemukan anda karena anda sendiri belum terkenal

10. Mampu Mempertahankan Image

Selanjutnya jika anda sudah mensapatkan respon respon positif dari pada pengikut anda, anda harus bisa menpertahankan image anda syukur2 bisa upgrade terus menjadi lebih baik.

Cara mempertahankan image bisa dengan cara anda terus menjaga kualitas konten yang anda berikan selama ini. Jangan melakukan banyak kesalahan baik pada diri sendiri atau orang lain

Tentunya bukan suatu hal yang mudah untuk menjadi influencer yang sukses, semuanya membutuhkan waktu, waktu untuk anda dikenal, waktu untuk anda berkembang, sampai sudah terkenalpun harus mampu mempetahankannya.

Untuk anda yang masih pemula, usahakan untuk berorientasi pada manfaat dan pengembangan bakat anda dulu, kebanyakan orang baru memulai sudah berorientasi pada uang dan uang, akhirnya ketika uang tidak cepat datang mereka menyerah. Uang akan datang sendiri pada waktu yang tepat, jadi fokus saja mengembangkan kemampuan dan pengembangan diri anda pada bidang influencer.

Demikian mengenai apa itu influencer berserta tips untuk menjadi influencer yang sukses. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda.
Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

1 comment for "10 Tips Menjadi Influencer Yang Sukses dan Terkenal"

Berlangganan via Email