Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Cara memulai bisnis Online dari Nol Untuk Pemula Hingga Sukses

cara-memulai-bisnis-online-dari-nol

11 Cara memulai bisnis Online dari Nol Untuk Pemula Hingga Sukses

Cara memulai bisnis online dari nol adalah langkah-langkah yang harus dilakukan seorang pemula yang belum pengalaman sama sekali dalam bisnis online. Mungkin diantara sobat ada yang sedang mengalami pesoalan yang satu ini. Yakni ingin berbisnis online namun bingung harus memulai dari mana. Tenang saja, kali ini saya ingin memberikan beberapa tips yang InsyaAllah bakalan membantu mengatasi kebingungan tersebut.

Bisnis online adalah sebuah bisnis yang memanfaatkan media online sebagai sarana promosi, transaksi atau bahkan pada saat aktifitas bisnis lainnya. Jadi syarat utama buat Anda yang ingin terjun ke dalam bisnis online tentu harus bisa menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

Simple sekali kan. Asalkan kamu bisa menggunakan alat yang berupa handphone atau laptop yang konek dengan internet, maka kamu bisa menjalankan bisnis online. Yang paling penting niat dan minat Anda dengan bisnis online itu sendiri. Karena bisnis online membutuhkan pashion yang kuat di dalamnya. Bagaimana? Mau lanjut buat mulai bisnis online? Kalau mau lanjut silahkan di baca sampai tuntas.

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

1. Kuatkan niat dan motivasi untuk memulai bisnis online

Yang pertama Anda harus memiliki niat dan minat yang kuat terlebih dahulu untuk menjalankan sebuah bisnis online. Karena seperti yang sudah saya singgung di pembukaan tadi bahwa bisnis online merupakan sebuah bisnis yang membutuhkan pashion yang kuat di dalamnya. 

Misalkan saja Anda adalah seseorang yang hobi bermain internet atau sejenisnya. Maka kemungkinan besar Anda bakalan cocok untuk menjalankan bisnis online. Berbeda jika Anda tidak suka bermain online sama sekali maka kemungkinan besar tidak cocok untuk menjalankan bisnis online.

Jadi sampai disini masih ingin lanjut untuk memulai bisnis online? Kalau tetap mau lanjut, kamu juga harus tahu kalau bisnis online itu memiliki resiko di dalamnya. Seperti halnya susah laku, persaingan tinggi dan sejenisnya. Yang jelas kelihatannya mudah namun masih ada banyak rintangan yang nanti bakalan Anda hadapi. Kalau masih mau lanjut, Anda bisa membaca point ke 2.

2. Mengenali potensi diri untuk menyesuaikan jenis bisnis online yang dipilih

Yang kedua adalah mengenali potensi diri Anda untuk menentukan jenis bisnis apa yang tepat. Jadi diluaran sana banyak orang yang sudah berhasil karena mereka menggunakan potensi mereka yang sebenarnya. Lalu ada pula yang gagal karena mereka hanya memilih bisnis secara asal-asalan saja tanpa memperhatikan kemampuan diri sendiri.

Cobalah untuk mengenali potensi diri Anda yang paling kuat. Dengan begitu Anda akan memilih jenis bisnis yang tepat. 

Sebagai contoh Anda ahli di bidang otak atik hp android, maka kemungkinan besar Anda cocok bisnis online dalam berbisnis aplikasi android. Kemudian contoh lain, ketika Anda punya keahlian dalam hal jualan barang, maka kemungkinan besar lebih cocok bisnis online jenis online shop.

3. Memiliki modal untuk memulai bisnis online

Modal merupakan sebuah hal yang cukup penting untuk memulai sebuah bisnis, termasuk memulai bisnis online. Meskipun diluaran sana ada banyak orang yang mengatakan bisnis online tanpa modal. Namun kenyataannya ada perbedaan yang cukup besar.

Bisa saja Anda menjalankan bisnis online tanpa modal. Namun ruang geraknya  juga akan terbatas. Sebagai contoh saat melakukan promosi. Ketika seseorang mempunyai modal akan mampu membayar iklan-iklan yang cepat menaikkan branding bisnis. Namun jika menjalankan bisnis tanpa modal otomatis hanya akan bisa melakukan promosi gratisan.

Jadi untuk sekarang sesuaikan saja modal yang Anda miliki dengan jenis bisnis yang akan dijalankan. Misalkan memiliki modal sebanyak Rp.1.000.000,-, maka kamu bisa berjualan produk dengan harga dibawah Rp.1.000.000,-. Misalkan memiliki modal dengan jumlah lain, Anda tinggal menyesuaikannya saja.

4. Mulai memilih jenis bisnis online yang dipilih

Langkah selanjutnya ini adalah penentuan bagaimana memilih jenis bisnis online. Setelah mengetahui potensi diri dan juga mengetahui jumlah modal. 

Disinilah Anda harus memunculkan beberapa jenis bisnis online yang hendak kamu pilih. Saya akan berikan contoh mengenai beberapa jenis bisnis online tersebut, siapa tahu ini bisa membantu buat Anda. Jenis-jenis bisnis online yang biasa dijalankan antara lain :

  • Jualan online shop atau menjual produk melalui situs-situs e-commerce dan sejenisnya
  • Menjadi reseller dengan menjualkan produk orang lain
  • Menjadi seorang penulis lepas
  • Menjaual jasa dan keahlian yang dimiliki melalui online
  • Menjadi seorang freelancer
  • Menjadi youtuber
  • Menjadi seorang blogger
  • Menjadi seorang selebgram
Dan masih banyak lagi jenis bisnis online lainnya. Dan pada tahapan ini Anda harus memantapkan diri memilih salah satu jenis bisnis online tersebut.

5. Mendalami materi jenis bisnis online yang sudah dipilih

Setelah memastikan jenis bisnis online yang dipilih. Selanjutnya silahkan pelajari terlebih dahulu lebih dalam mengenai bisnis tersebut. Jadi sebelum Anda memulai, Anda sudah memiliki gambaran dan juga wawasan yang lebih luas mengenai pilihan bisnis Anda.

Gak usah terburu-buru, pelan tapi pasti jauh lebih baik. Karena untuk menjalankan sebuah bisnis butuh ilmu yang memadai. Dari pada harus belajar dari banyak kegagalan di awal menjalankan bisnis pastinya lebih baik banyak belajar materi agar tidak gagal.

Belajar bisa dengan banyak cara. Anda bisa melakukan sebuah konsultasi kepada yang sudah berpengalaman. Atau bisa juga dengan membaca artikel, menonton video tutorial dan dengan beberapa cara yang lainnya. Ketika Anda sudah paham dan mempunyai wawasan luas baru masuk ke langkah yang selanjutnya.

6. Mulai merancang untuk memulai bisnis online

Setelah itu buatlah sebuah rancangan untuk jenis bisnis online yang ingin Anda jalankan tersebut. Misalkan saja membuat coret-coretan tentang bagaimana Anda akan menjalankan bisnis.

Dalam tahapan ini akan mencakup beberapa hal. Mulai dari menghitung dan mempersiapkan modal. Kemudian merancang model jalannya sebuah usaha. Lalu mempersiapkan sarana dan prasarana dan persiapan-persiapan yang lainnya. Kemudian jika semua sudah siap baru lanjut pada tahapan yang selanjutnya.

7. Memulai mendirikan usaha bisnis online

Tahapan yang selanjutnya adalah meresmikan pendirian bisnis Anda tersebut. Meskipun bisnis online cuma dirumah dengan menggunakan komputer dan handphone, tidak ada salahnya jika Anda resmikan.

Ini penting untuk mendapatkan sebuah tanggal spesial dimana usaha bisnis online Anda mulai berdiri. Tanggal inilah yang kemudian hari bisa Anda jadikan sebagai sebuah acuan evaluasi. Atau bisa juga untuk sebuah peringatan tertentu.

Siapa tahu bisnis Anda bakalan menjadi besar di kemudian hari. Dengan melakukan peresmian inilah Anda akan mempunyai catatan sejarah tentang perusahaan Anda.

8. Membuat website atau landing page

Langkah selanjutnya adalah membuat website, blog atau landing page. Mau jenis yang manapun sama saja. Yang penting adalah cara menggarap website atau blog itu sendiri.

Dalam tahapan ke 8 untuk memulai bisnis online ini Anda harus memikirkan beberapa hal, antara lain sebagai berikut :

  • Buatlah nama domain yang bagus sesuai dengan nama bisnis online Anda. Jadi misakan anda berjualan sepatu online perlu dibuat dengan nama jualsepatu.com atau nama lainnya yang sesuai.
  • Lakukan branding website Anda untuk menjalankan bisnis online. Misalkan saja pembuatan logo, hastag dan juga slogan untuk usaha Anda tersebut
  • Lalu isilah dengan materi promosi yang menarik di dalam website Anda tersebut.
  • Kemudian jangan lupa juga untuk menambahkan banyak artikel pendukung agar memperkuat promosi bisnis Anda.

9. Melakukan promosi bisnis yang sudah didirikan

Jika website sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Karena tanpa promosi pastinya tidak akan ada yang mengenal website dan bisnis Anda tersebut.

Promosi secara online sendiri ada banyak sekali macamnya. Mulai dari media sosial, memanfaatkan youtube, beriklan di situs orang lain atau membayar iklan otomatis seperti google adwords dan juga sosial media ads.

Tahap promosi inilah tahapan yang cukup menentukan seberapa cepat bisnis Anda berkembang. Jadi jangan lupa juga untuk melakukan penargetan promosi secara tepat sasaran.

10. Mulai melakukan penjualan

Setelah melakukan promosi tentu langkah selanjutnya adalah melakukan penjualan. Tentu saja hal ini bisa Anda lakukan jika sudah mendapatkan pembeli. Makanya promosi harus segencar mungkin agar segera mendapatkan pembeli untun bisnis online Anda.

Kemudian pada tahapan ini Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada para calon pembeli Anda. Karena yang namanya pelayanan akan memperngaruhi kepuasan mereka dalam berbelanja. Selama pembeli merasa puas maka di kemudian hari akan berbelanja online kembali di lapak Anda.

11. Melakukan evaluasi jangka pendek dan menengah

Yang terakhir yang harus dilakukan adalah membuat jadwal evaluasi untuk bisnis online Anda. Misalkan saja evaluasi perkembangan bisnis Anda 2 minggu sekali atau buat jadwal yang sekiranya sesuai untuk bisnis Anda tersebut.

Evaluasi akan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena dengan melakukan evaluasi, maka Anda bakalan mengetahui seberapa berkembang bisnis Anda. Selain itu juga untuk mengetahui masalah yang mungkin muncul serta untuk melakukan pembenahan dalam menjalankan bisnis online.

InsyaAllah jika semua point diatas dijalankan dengan baik dan konsisten maka yang namanya kesuksesan dalam bisnis online suatu saat nanti akan Anda raih.

Baiklah sobat, itu tadi adalah ulasan dan tips dari saya mengenai cara memulai bisnis online dari nol. Semoga saja bisa memberikan sebuah manfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "11 Cara memulai bisnis Online dari Nol Untuk Pemula Hingga Sukses"