Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajeman Bisnis Adalah, Pengertian, Contoh Dan Manfaat

Manajeman Bisnis Adalah, Pengertian, Contoh Dan Manfaat

Manajeman Bisnis - Di dalam sebuah bisnis sudah seharusnya ada Manajemen Bisnis yang baik. Pasti Anda sudah sering mendengar akan hal itu. Terutama buat Anda yang merupakan seorang pelaku bisnis. Namun sudah tahukan Anda mengenai pengertian Manajemen Bisnis yang sebenarnya? Lalu contoh serta manfaatnya apa saja untuk sebuah bisnis/usaha atau perusahaan yang sedang berjalan? Ini penting sekali, karena tanpa hal ini sebuah perusahaan tidak akan mampu berdiri dan berkembang dengan baik. 

Bisnis adalah sebuah strategi, yang di dalamnya semua hal dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan cuan atau keuntungan. Dan manajemen adalah salah satu metode untuk menyempurnakan sebuah bisnis itu sendiri. Manajeman bisnis sendiri ada beberapa jenis, jadi meliputi banyak hal yang berkaitan dengan jalannya sebuah bisnis. Baiklah, idntifia.com akan mencoba bahas satu persatu perihal satu ini. 


pengertian-manajemen-bisnis

Pengertian Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis Adalah suatu langkah atau proses dalam mengelola sebuah bisnis, mulai dari perencanaan, pembagian tugas sampai tahap evaluasi. Jadi dari awal bisnis tersebut didirikan harus memiliki sebuah manajeman yang jelas. Mulai dari bagaimana memulai, bagaimana merancang, bagaimana membagi tugas atau peran karyawan, bagaimana mengatasi masalah (problem solving), sampai dengan bagaimana mengevaluasi sebuah bisnis yang dijalankan. 

Jadi seorang pebisnis tentu harus paham mengenai masalah yang satu ini. Karena tanpa manajemen yang jelas sebuah bisnis tidak akan bisa cepat berkembang. Apalagi jika Anda memiliki para kompetitor yang hebat, maka Anda harus berfikir bagaimana mengelola dan meningkatkan manajemen pada bisnis yang Anda jalankan tersebut. Seperti seorang nahkoda, Anda harus bisa membawa kapal Anda berlayar dengan selamat sampai pada tujuan yang diharapkan. 

Contoh Manajemen Bisnis

Secara garis besarnya Manajeman Bisnis bisa diartikan bagaimana seorang pengusaha mengelola bisnisnya dengan baik. Dan ada beberapa contoh pengelolaan dalam manajemen bisnis yang meliputi beberapa hal berikut :

1. Manajemen Bisnis Dalam Perencanaan

Contoh atau jenis Manajeman bisnis yang pertama adalah dalam hal perencanaan. Yakni mulai awal Anda menjalankan sebuah bisnis dan bagaimana Anda merencanakannya. Sebuah perencanaan yang matang akan menentukan bagaimana perjalanan sebuah bisnis itu akan berkembang, 

Dalam hal perencanaan ini meliputi beberapa hal, antara lain :

  • Perencanaan modal, perhitungkan dengan benar modal yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis. Karena banyak orang yang gagal dalam bisnis bukan karena mereka tidak ahli, melainkan meleset dalam perhitungan modal mereka. 
  • Perencanaan metode, Jadi bisnis Anda akan dijalankan seperti apa sudah seharusnya direncanakan dari awal. Strategi apa saja yang diterapkan dan metode apa saja yang digunakan. Termasuk dalam hal pemasaran, bagaimana nanti Anda akan memasarkan bisnis Anda tersebut
  • Perencanaan tempat, kalau bisnis tersebut perlu tempat tentu harus pandai memilih tempat. Ini juga menyesuaikan dengan modal dan target yang ditentukan. 
  • Perencanaan Sarana dan Prasarana, alat apa saja yang akan digunakan juga perlu untuk difikirkan dengan baik.

2. Manajemen Bisnis Dalam Keuangan

Selanjutnya dalam Manajemen Bisnis juga ada yang namanya Manajemen Keuangan. Yakni bagaimana Anda mengatur atau mengelola seluruh keuangan yang ada dalam bisnis Anda tersebut.

Pada point ke 2 ini harus paham bagaimana cara membuat pembukuan keuangan, mengatur anggaran belanja dan melakukan penghematan biaya dalam menjalankan bisnis. 

Sebuah bisnis yang bagus di dalamnya pasti memiliki Manajemen keuangan yang baik. Tanpa manajemen keuangan yang baik pastilah sebuah bisnis akan rentan sekali dengan yang namanya kerugian. 

3. Manajemen Bisnis Dalam Organizing / Sumber Daya Manusia

Selanjutnya adalah dalam hal organizing atau dalam pembagian tugas SDM (Sumber Daya Manusia). Atau bisa dikatakan bagaimana cara mendapatkan karyawan yang berkualitas dan mengelolanya dengan baik. 

Seorang pebisnis atau pengusaha yang sukses biasanya juga pandai dalam hal memimpin. Termasuk memimpin anak buah atau karyawan yang ada dalam usaha tersebut. 

Jadi Anda harus bisa memaksimalkan setiap peran SDM yang ada dalam usaha atau bisnis Anda. Dengan begitu manajemen SDM bisa berjalan secara maksimal.

4. Menejemen Bisnis Dalam Hal Metode

Manajemen bisnis yang selanjutnya adalah dalam hal metode atau proses. Ini mencakup semua tindakan yang Anda lakukan untuk bisnis Anda. 

Dalam hal ini termasuk juga bagaimana cara Anda memasarkan bisnis, menjual, pelayanan dan juga tindakan problem solving ketika bisnis Anda mengalami sebuah masalah. 

Metode dan strategi bisnis yang Anda gunakan akan sangat menentukan bagaimana bisnis Anda akan berkembang atau tidak kedepannya. 

5. Menajemen Bisnis Dalam Hal Sarana Prasarana

Selanjutnya Manajemen juga meliputi pengelolaan sarana dan prasarana. Ini juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Karena alat yang Anda gunakan juga akan turut menentukan hasil.

Apalagi jika bisnis Anda bergerak dalam bidang jasa atau produksi. Menggunakan alat yang mumpuni sekaligus mengelola alat tersebut dengan baik akan menjadi sangat penting. 

Mamajemen sarana dengan baik juga akan mempengaruhi keuangan sebuah usaha atau bisnis. Karena jika alat-alat yang digunakan awet maka tidak akan terjadi banyak pengeluaran untuk membeli alat yang baru. 

6. Manajemen Bisnis Dalam Hal Controling

Yang ke enam adalah dalam hal controling. Manajemen yang satu ini juga sangat penting. Yakni bagaimana Anda melihat bisnis Anda berjalan. Melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala. 

Seorang pebisnis yang professional akan mempunyai jadwal kontrol atau evaluasi yang teratur. Mulai dari evaluasi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. 

Dan ketika seseorang pebisnis mau melakukan evaluasi secara berkala. Maka dia akan terus mengetahui hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam bisnis yang dia jalankan. 

Manfaat Manajemen Bisnis

Dalam pembahasan kali ini yang namanya Manajemen Bisnis pasti akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk usaha yang dijalankan. Manajemen bisnis yang baik akan memberikan manfaat sebagai berikut, antara lain :

  • Bisnis akan terencana dengan baik
  • Perjalanan sebuah bisnis akan menjadi lebih teratur
  • Keuangan usaha akan selalu aman dan dikelola dengan baik
  • Mampu meminimalisir pengeluaran serta mampu memaksimalkan penghasilan
  • Peran semua karyawan akan menjadi lebih maksimal
  • Mampu memenangkan persaingan pasar
  • Perusahaan akan mampu bertahan di masa sulit
  • Perusahaan akan menjadi lebih cepat berkembang dan menjadi besar

Dengan melihat beberapa manfaat diatas, maka penting sekali bagi setiap pelaku bisnis untuk memahami dan mengetahui bagaimana cara melakukan manajemen bisnis yang baik. 

Sehingga sangat diperlukan untuk mempelajari manajemen bisnis dan manfaat bisnis untuk mengetahui manajemen bisnis yang baik dan benar.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Manajeman Bisnis Adalah, Pengertian, Contoh Dan Manfaat. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda dan terima kasih. 

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Post a Comment for "Manajeman Bisnis Adalah, Pengertian, Contoh Dan Manfaat"

Berlangganan via Email