Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Membangun Rumah Murah dan Hemat

Tips Membangun Rumah Murah dan Hemat, apakah bisa ? bagaimana caranya ? dan bagaimana langkahnya ? Lakukan beberapa langkah berikut ini agar tetap hemat dan efisien.

Mana yang lebih baik, membeli rumah yang sudah jadi atau membangun rumah dari nol ? Mungkin banyak dari kalian yang lebih memilih membangun rumah sendiri karena beberapa pertimbangan.

Beberapa pertimbangan dalam membangun rumah dari awal di antaranya, yaitu desain rumah bisa disesuaikan dengan ekspektasi sendiri hingga beli harga tanah yang lebih murah (bisa sesuai dengan keinginan sendiri). Nah, jika sudah memantapkan pilihan membangun rumah sendiri, tentu harus mempersiapkan rencana secara matang.

Perencanaan yang matang saat akan membangun rumah impian sendiri adalah hal wajib yang harus dilakukan. Jangan sampai, tanpa rencana detail, rumah yang dibangun malah mangkrak akibat salah perhitungan. Hal itu hanya akan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Tips Membangun Rumah Murah dan Hemat

Dalam membangun rumah sendiri dari nol, ada beberapa hal penting yang harus disiapkan secara matang. Mulai dari menentukan lokasi di mana rumah akan dibangun, tipe, kebutuhan hingga perizinan. 

Tips Membangun Rumah Murah dan Hemat

Berikut tipsnya membangun rumah murah dan hemat

Tips dibawah ini bisa menjadi acuan dan referensi buat kamu yang ingin membangun rumah dengan budget yang tipis dan tentunya hemat, karena selain membangun rumah, kamu juga masih memiliki banyak tanggungan lainnya.

1. Menentukan Lokasi Rumah yang Ideal

Sebelum masuk ke tahap rencana membangun rumah, tentu yang harus dilakukan adalah dengan menemukan lokasi hunian yang ideal. Dalam hal ini, beberapa pertimbangan seperti jarak ke tempat kerja, kelengkapan fasilitas dan infrastruktur di sekitarnya perlu diperhatikan.

Selain soal jarak dan fasilitas pendukung, perkiraan nilai tempat tinggal di masa depan juga harus dipikirkan secara matang. Pemilihan yang tepat akan menguntungkan terkait investasi rumah di kemudian hari.

2. Menentukan Jenis atau Tipe Rumah

Setelah menemukan lokasi ideal untuk membangun rumah idaman, kita harus menentukan tipe rumah seperti apa yang sekiranya sesuai dengan budget yang dimiliki. Berusahalah untuk realistis agar pengerjaan bisa berjalan lancar hingga akhir.

Beberapa pilihan tipe rumah di Indonesia yang bisa kamu sesuaikan dengan anggaran, diantaranya yaitu tipe 21, 36, 45, 54, 60, 70 hingga 120. Angka tipe rumah tersebut menandakan luas bangunan, semakin besar maka semakin mahal tentunya.

Untuk keluarga kecil, tipe rumah 21 hingga 45 mungkin masih bisa mencukupi. Untuk menengah, tipe rumah 54 dan 60 cukup populer untuk dimiliki. Sementara tipe 70, 120 dan seterusnya biasanya untuk hunian kelas atas.

3. Kebutuhan Isi Rumah

Setelah menentukan tipe rumah apa yang cocok dengan anggaran dan kehidupan nantinya. Hitung luas lahan yang tersedia dan kemudian bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan bangunan rumah saat akan dibangun.

Seperti kamu berencana ingin memiliki berapa kamar tidur, luas ruang tamu dan keluarga, dapur hingga halaman dan tempat parkir kendaraan. Buatlah daftar kebutuhan ruangan secara teliti jangan sampai ada yang terlewat.

4. Memilih Desain Rumah

Jika penentuan lokasi, tipe dan perhitungan kebutuhan sudah. Kemudian kita juga perlu memperluas wawasan mengenai desain dan gaya hunian. Hal ini lebih condong ke selera dan tentu masing-masing pribadi memiliki minat berbeda.

Dengan memperbanyak wawasan kita mengenai gaya arsitektur bangunan, desain rumah idaman dan nyaman akan secara mudah kita temukan. Ada sangat banyak desain rumah yang populer di Indonesia maupun dunia.

Beberapa desain arsitektur yang bisa jadi pilihan di masa kini, yaitu gaya minimalis, modern hingga kontemporer. Untuk rumah yang elegan, gaya klasik, kolonial hingga Mediterania bisa jadi referensi menarik.

5. Riset Material Bangunan Murah dan Terbaik

Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan orang ketika akan membangun rumah adalah tidak melakukan riset terhadap material bangunan dan harganya. Ini bisa mempengaruhi perhitungan budget di awal rencana.

Lakukanlah riset dan survei langsung mengenai harga bahan bangunan di masa sekarang. Lalu bandingkan juga penawaran harga dari satu toko material ke toko lainnya agar mendapatkan perhitungan yang lebih efisien.

6. Mencari Jasa Pembangun Rumah Terpercaya

Semua rencana dan anggaran dalam membangun rumah sudah tertata dengan baik akan menjadi percuma jika kita tidak menemukan pihak yang mampu mewujudkan keinginan kita dalam membuat hunian impian.

Carilah jasa kontraktor maupun tukang bangunan yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak ataupun portofolio pengerjaan bangunan yang baik. Jika punya kenalan yang sudah mengerjakan bidang ini selama bertahun-tahun akan lebih aman.

Setelah itu, jangan lupa buatlah kontrak secara rinci dan jelas mengenai berapa lama waktu pengerjaan, upah hingga denda jika waktu pengerjaan molor dari yang dijanjikan.

7. Mengurus Perizinan Bangunan (IMB)

Terakhir, yang tak kalah penting. Adalah mengenai legalitas saat kamu melakukan pekerjaan membangun rumah. Uruslah Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) agar tidak terjadi masalah ketika mulai membangun hunian.

Kesimpulan Tips Membangun Rumah Murah dan Hemat

Yang perlu diingat juga, jangan tergiur jalan pintas yang ditawarkan oleh pihak tidak bertanggung jawab saat akan mengurus perizinan. Lakukanlah melalui cara yang resmi agar tidak merugi.

Membangun rumah perlu rencana yang jelas, anggaran sesuai kebutuhan, wawasan desain hingga bahan bangunan, serta perizinan untuk memastikan legalitas dan tidak melanggar aturan. Dengan begitu, pelaksanaan pembuatan hunian bisa dilakukan tanpa kendala.

Jangan lupa untuk membagikan informasi Tips Membangun Rumah Murah dan Hemat ini kepada teman-teman dan keluarga agar semua dapat terbuka mindset dan informasi nya, terimakasih.


Post a Comment for "7 Tips Membangun Rumah Murah dan Hemat"

Berlangganan via Email